Click "view web version" (smartphone)

Pages

Monday 16 November 2020

Cara Membuat bit.ly Untuk Memperpendek Link

Beberapa situs sudah menyertakan fitur mempersingkat link, seperti shorten link YouTube atau shorten link dengan Google URL shortener. Selain itu juga ada situs yang khusus menyediakan fitur mempersingkat link bahkan sampai mengedit singkatan link yang diinginkan.

1. Pergi ke bitly.com lewat browser yang kalian miliki.


2. Jika kalian hanya ingin membuat link yang kalian miliki menjadi singkat, kalian bisa paste link ke dalam bar Shorten your link yang ada pada halaman utama Bitly.


3. Setelah paste link klik tombol Shorten untuk menghasilkan link yang otomatis dipersingkat oleh Bitly.


4. Copy link yang sudah disingkat dan link Bitly-mu sudah siap untuk digunakan.

Membuat Link Singkat Bitly yang Dikostumisasi

Salah satu fitur yang menarik di Bitly adalah link singkat yang bisa dikostumisasi. Kamu bisa membuat link sesuai dengan nama link yang kamu inginkan. Bagaimana caranya? Cek caranya di sini!

1. Sama seperti cara membuat link singkat yang dibuat langsung oleh Bitly. Pergi ke bitly.com lewat browser kalian.


2. Untuk bisa mengkostumisasi atau membuat link Bitly sesuai keinginan, kalian perlu membuat akun di Bitly terlebih dahulu. Klik Sign Up atau Get Started for Free untuk mendaftar akun.


3. Klik here yang ada di bawah halaman. Kalian bisa mendaftarkan akun Bitly secara gratis tanpa harus membayar biaya langganan.


4. Isi Username, Email address dan Password atau gunakan akun Google untuk mendaftar akun.


5. Pilih untuk siapa link yang akan kalian buat, untuk pekerjaan, personal atau keduanya.


6. Isi nama dan apa yang akan kalian lakukan di Bitly. Jika sebelumnya kalian memilih untuk pekerjaan atau keduanya, kalian juga harus memasukkan nama perusahaan. Namun jika kalian tidak ingin mengisi kalian bisa melewati tahap ini dengan mengklik Skip this step.


7. Untuk memulai membuat link klik Create.


8. Masukkan link yang ingin kalian persingkat ke dalam kotak Paste Long URL. Web Bitly responsif terhadap link sehingga saat menempelkan link secara langsung Bitly akan mengeluarkan link yang telah disingkat.


9. Untuk membuat link singkat yang kalian inginkan, tuliskan singkatan pada kolom Customize Back-Half. Kalian juga bisa mengubah Title untuk mengubah judul tampilan judul link yang tampil sebelum link memuat halaman link. Kemudian klik Save.


10. Ketika link yang ada di bagian paling atas telah berubah menjadi link yang kalian inginkan tandanya link singkatan kalian sudah siap untuk digunakan.

Membuat Link Bitly Lewat Aplikasi

Selain lewat website Bitly kalian juga bisa membuat akun Bitly lewat aplikasi baik Play Store Android maupun App Store iOS.

1. Install Bitly baik lewat Play Store maupun App Store.


2. Setelah selesai install, buka aplikasi Bitly lalu pilih Sign Up jika kalian belum memiliki akun atau Sign In jika kalian sudah memiliki akun. Carisinyal menyarankan kalian untuk memiliki akun yang sinkron dengan Google jika kalian menggunakan Android agar proses login menjadi lebih ringkas.

3. Setelah masuk ke akun kalian, klik tombol + yang ada di pojok kanan bawah untuk menambahkan singkatan link.


4. Paste link panjang yang ingin kalian persingkat lalu klik Create.


5. Otomatis Bitly akan memberikan link singkatan dari link yang telah kalian masukkan. Namun jika kalian ingin mengkostumisasi link di belakang bit.ly kalian bisa mengeditnya secara langsung.


6. Jika sudah selesai klik ikon centang yang ada di pojok kanan atas untuk menyimpan link singkatan.


Itulah cara membuat link singkat menggunakan Bitly, begitu mudah bukan?