Click "view web version" (smartphone)

Pages

Sistem Operasi Windows

Tutorial dan tips trik sistem operasi Windows.

Sistem Operasi Linux

Tutorial dan tips trik sistem operasi Linux.

Seputar Youtube

Tutorial dan tips trik seputar Youtube.

Sistem Operasi Android

Tutorial dan tips trik sistem operasi Android.

Seputar Multimedia

Tutorial dan tips trik seputar Multimedia.

Saturday, 7 November 2020

13 Teknik Mempromosikan Konten Blog untuk Mendapatkan Ledakan Pengunjung

Supaya konten baru atau blog baru anda bisa mendapatkan pengunjung, anda harus menghabiskan waktu 4x lipat lebih banyak daripada pembuatan konten.
Artinya kalau saya membuat 1 artikel dalam 2 hari, maka sisanya dalam seminggu adalah untuk promosi.
Karena ketika anda menekan tombol ‘publish’, di hari yang sama ada jutaan artikel lain yang juga diterbitkan.

Artikel anda hanya seekor ikan di samudra yang luas.
Kalau seperti itu, lantas bagaimana bisa sebuah blog baru — yang belum dikenal — bisa mendapatkan perhatian dari orang banyak?

Jawabannya: promosi konten.
Hati-hati: Kesalahan besar dalam promosi konten
Promosi dalam dunia online identik dengan hal negatif.
Kalau anda pecinta internet seperti saya, pasti paham maksudnya. Orang-orang yang di internet tidak suka dengan yang namanya promosi dan iklan.
Apalagi spam.
Karena itu kalau anda tidak ingin jadi sosok yang dibenci, ikuti aturan main ini.

Pertama:
Kita TIDAK mempromosikan blog…yang kita promosikan adalah konten.
Paham maksudnya?
Artinya setiap kali anda menaruh link di berbagai tempat, bawa langsung ke konten yang ingin anda promosikan. Bukan ke homepage.
Dengan begitu orang lain tidak akan bingung.

Kedua:
Konten anda harus yang terbaik.
Bukan konten yang hanya copy paste, ganti kata, tulis ulang. Konten anda harus punya ide-ide baru di dalamnya, dan yang terpenting: harus membantu orang lain menyelesaikan masalah.

Orang-orang sering bilang “konten berkualitas”, “konten adalah raja”, tapi kenyataannya sebagian besar dari para pembuat konten tidak peduli dengan kontennya sendiri.

Ada yang membuat konten hanya dalam hitungan menit.
Ada juga pemilik blog baru yang kejar-kejaran membuat 5-10 konten dalam sehari.

Ingat ini:
Anda tidak perlu menerbitkan banyak konten sehari.
Banyak blog besar yang hanya menerbitkan 1 artikel per bulan.
Karena pada akhirnya untuk website yang mengandalkan konten (seperti blog), faktor penentu kesuksesannya adalah kualitas artikel…
..bukan jumlah artikel.

Ketiga:

Jangan gunakan tool otomatisasi…
…minimal sampai anda sudah punya audience sendiri.
Bicaralah kepada orang yang ingin anda promosikan sebagai manusia, bukan robot. Lakukan promosi secara manual.
Semua yang serba otomatis biasanya menjurus kepada spam.
Tidak ada orang yang suka dengan spam.
Setelah mengetahui ketiga hal tersebut, sekarang mari kita mulai ke langkah pertama.

1. Menyiapkan ‘umpan’ sebelum konten diterbitkan
Faktanya, tidak semua jenis konten akan bisa populer.
Meskipun sudah dipromosikan dengan benar.
Maka dari itu mindset ‘promosi konten’ sudah harus anda pegang sejak sebelum konten diterbitkan…bahkan sebelum dibuat.
Untuk itu, perhatikan 2 hal:
Pemilihan topik dan isinya.
Topik dari konten anda harus bersifat urgent atau mendesak. Topik yang membuat orang lain merasa bahwa mereka harus baca saat ini juga.
Lebih bagus lagi topik yang bisa membuat mereka berpikir “teman-teman saya harus baca ini juga!”.

Sedangkan untuk isinya, sebaiknya:
Kredibel – ada data/fakta dari sumber terpercaya
Praktis – bisa langsung dilakukan oleh pembaca
Emosional – memancing emosi positif/negatif

Ketiga hal ini selalu saya terapkan di blog PanduanIM.
Kalau anda pernah membaca beberapa konten di blog ini (termasuk yang sedang anda baca), anda akan sadar bahwa saya sering menggunakan data seperti grafik atau persentase.

Tujuannya supaya terlihat kredibel.


Ada juga konten yang dibuat agar isinya praktis…(lihat judulnya)
Dan konten yang isinya bertentangan dengan apa yang sudah sering dipelajari oleh pembaca. Sehingga meskipun banyak yang setuju, banyak juga yang tidak setuju:


Sehingga pada akhirnya, ketika konten-konten ini saya promosikan…pengunjung akan langsung meningkat secara drastis.


2. Buat email list dan kirimkan setiap kali ada konten baru
Dengan membangun email list, usaha promosi konten anda jadi berkali-kali lipat lebih mudah.
Bayangkan:
Anda mendapatkan 1000 pengunjung dari berbagai tempat.

Tanpa email list berarti 1000 orang tersebut akan pergi. Sehingga lain kali anda mempromosikan konten berarti anda harus mencari mereka lagi.
Tapi kalau anda sambil membangun email list, jadi seperti ini:
Ada 1000 orang yang datang, beberapa di antaranya menjadi subscriber.

Maka lain kali ketika anda menerbitkan konten sebagian dari subscriber anda akan langsung sadar. Artinya kali ini mendatangkan pengunjung jadi lebih mudah.

Demikian berulang-ulang setiap hari.
Sehingga dengan membuat email list sendiri berarti anda sudah punya sumber traffic yang selalu siap menerima konten baru anda.
Lebih enak kan?

3. Dapatkan follower dan post konten ke social media
Ada salah paham yang fatal mengenai penggunaan social media.
Saya yakin kalau anda sudah pernah baca artikel mengenai promosi blog, pasti pernah membaca yang menyarankan untuk post ke social media setiap kali ada konten baru.

Ini salah…salah besar.
Begini maksud saya:
Sebagai pemula biasanya kita hanya punya 100-1000 follower di Twitter/Facebook.

Apa yang terjadi ketika kita post ke sana?
Paling-paling hanya 1-2 orang yang re-Tweet/Like… ya kan? Setelah itu? Selesai. Tidak terjadi apa-apa lagi.

Artinya percuma anda ngepost ke social media berkali-kali.
Prinsipnya sama saja dengan list building di atas, tetapi medianya yang berbeda. Tadi dengan email, sekarang dengan social media.

Caranya dengan memasang tombol/link/widget untuk mempermudah pengunjung menuju akun social anda. Seperti ini:

Ada 2 hal yang harus anda perhatikan dalam menggunakan social media:
Pertama, jangan pernah beli follower/like.
Kedua, jangan hanya share link dari website anda sendiri saja.

Ikuti tips ini ketika posting di social media:
Jangan gunakan judul artikel sebagai isi dari tweet atau status anda. Jelaskan isi konten dengan singkat, tapi menarik.
Gunakan 3 konteks yang berbeda kalau anda menjadwalkan 3 update.
Prinsip rasio 2:1:1, 2 kali share konten orang lain , 1 kali share konten milik sendiri, 1 kali update tanpa link.
Penggunaan gambar terbukti meningkatkan jumlah klik pada social media.

4. Sebutkan blogger lain di konten, lalu beritahu mereka
Namanya manusia…pasti suka kalau mendengar sesuatu yang positif tentang mereka dari orang lain.
Sifat manusia yang satu ini bisa kita manfaatkan.

Misalnya begini:
Saya membuat artikel dengan topik “menurunkan berat badan”, dalam artikel ini saya merekomendasikan blogger lain dalam bentuk link sebagai tambahan bacaan yang bagus.

Setelah itu saya memberitahu blogger tersebut via email.
Maka kemungkinan besar mereka akan balik merekomendasikan artikel anda…
..dalam bentuk link juga atau share di social media.
Salah satu contohnya artikel ini:

Sampai saat ini artikel tersebut sudah mendapatkan lebih dari 1400 kali share.
Setelah artikel ini diterbitkan, saya menghubungi orang-orang yang disebutkan di dalamnya…kemudian minta mereka untuk share.

Ini responnya:

Pada kondisi normal, kalau anda langsung hanya minta bantuan kepada mereka untuk share maka kemungkinan besar mereka akan menolak.
Tapi dalam kasus ini karena kita yang lebih dulu menyebutkan mereka dalam artikel, sebagian besar mau membantu.
Maka dari itu, di konten anda usahakan selalu memasang link ke blogger lain.

5. Gabung ke Facebook Group yang bersih
Karena banyaknya orang Indonesia yang aktif dalam Facebook Groups, komunitas ini bisa menjadi salah satu tempat promosi terbaik.
Sebelum bergabung, ingat 2 hal ini.

Pertama, jangan promosi ke grup yang tidak ada kaitannya dengan topik blog dan konten anda.
Kalau konten anda tentang diet, gabunglah ke grup diet.
Kalau konten anda tentang bisnis, gabunglah ke grup bisnis.
(Percaya tidak percaya, banyak juga yang promosi di grup yang tidak nyambung)

Kedua, jangan promosi ke grup yang isinya sebagian besar spam link website. Post anda tidak akan terlihat di News Feed para anggotanya.
Pastikan grup yang anda pilih aktif berisi komentar dan like…
..bukan hanya spam.

Ada pun juga tidak boleh melakukan spam.

Berikut ini adalah tips lain promosi di Facebook supaya anda tidak ditendang dari grup:
Rasio promosi 4:1, 4 kali membantu orang lain, 1 kali promosi.
Promosikan link yang benar-benar membantu anggota grup menyelesaikan persoalan.
Ikuti aturan grup. Kalau anda tidak diperbolehkan memposting link, jangan.
Tidak harus membuat post baru untuk promosi. Tempat komentar juga bisa.
Jangan bergabung hanya untuk promosi. Hal utama yang harus anda lakukan disini adalah membantu orang lain menjawab pertanyaan dengan sopan.

Jangan sampai justru website anda dianggap spam oleh sistem Facebook.
Kalau sudah begitu maka hampir semua post yang berisi link website anda tidak akan pernah terlihat oleh orang lain.

6. Gabung ke Google+ Communities
Mirip seperti Facebook Groups. Meskipun di Google+ lebih sepi tapi umumnya komunitas disini lebih rapi dan antusias.
Filter spam di Google+ jauh lebih kuat daripada Facebook.
Jadi hati-hati, sekali dicap sebagai spam website anda tidak akan pernah bisa muncul selamanya. Karena tiap post akan masuk ke filter spam.
Tipsnya sama dengan nomor 5.

7. Gabung ke situs forum
Meskipun jumlah forum tidak banyak dan isinya kebanyakan spam, tapi promosi di forum juga bisa mengundang traffic.
Teknik promosi blog di forum mirip dengan di FB dan G+.
Tugas utama anda setelah bergabung di komunitas bukan untuk langsung posting berisi link…Jadi jangan langsung komentar yang berisi link apalagi membuat thread baru.
Sebaliknya, lakukan ini:

Jawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan orang lain.
Forum merupakan tempatnya orang yang ingin berdiskusi dan tanya-jawab. Tidak jarang anda akan menemukan orang yang bertanya tentang topik tertentu.
Apabila konten anda bisa menjawab, beritahukan.
Kalau tidak…jangan.

8. Ubah bentuknya lalu publish di berbagai tempat
Kalau anda punya konten berupa artikel, anda bisa membuat video, PDF, atau infografis dengan isi yang sama persis.
Dari 1 jadi 4 sekaligus.
Begitu pula kalau anda punya konten video, bisa dijadikan artikel juga.
Tidak berhenti sampai di situ…

Kita akan memanfaatkan website-website yang sudah memiliki banyak pembaca. Kemudian konten bentuk lain tersebut kita kirim ke sana.
Di website-website ini sudah ada banyak orang yang siap menyantap konten anda.

Sehingga apabila dalam konten yang diterbitkan di website-website tadi terdapat link menuju website anda, maka anda akan mendapatkan banyak traffic.
Konten di situs seperti YouTube, SlideShare, Kompasiana, dll akan lebih mudah mendapatkan rangking di Google dibandingkan website baru.
Karena itu konten anda juga akan mendapatkan traffic dari mesin pencari.

9. Monitor percakapan dan konten baru yang relevan
Misalnya anda punya konten tentang ‘belajar Bahasa Inggris’.
Ternyata di suatu situs komunitas ada beberapa orang yang bertanya satu sama lain, gimana sih caranya belajar Bahasa Inggris yang efektif?

Ini kesempatan untuk promosi konten…
Sudah ada orang yang membutuhkan bacaan, kita tinggal datang dan berikan linknya.
Tapi masalahnya, internet itu kan luas. Lalu bagaimana cara kita bisa menemukan kalau ada orang yang membicarakan topik tertentu?

Mudah:
Ada beberapa tool yang bisa kita gunakan untuk memonitor.
Google Alerts
Fresh Web Explorer
Mention

10. Tulis komentar yang cerdas dan bermanfaat di blog lain
Saya termasuk orang yang ketat kalau melakukan moderasi komentar blog.
Di blog ini saja, kurang dari 10% komentar masuk yang saya terbitkan. Belum termasuk yang otomatis terjaring filter spam Akismet.

Komentar blog itu bermanfaat:
Mendapat pengunjung langsung (meskipun tidak banyak)
Jadi dikenal oleh si pemilik blog (kalau komentarnya luar biasa)
Tapi konyolnya banyak orang yang melakukan spam…

11. Guest blogging di blog yang populer
Setiap kali ada yang bertanya cara mendapatkan traffic, saya selalu bilang begini:
Masuk ke tempat yang sudah banyak trafficnya.
Wajar kan…untuk blog baru yang masih sepi, walaupun anda menerbitkan 100 artikel per hari — tanpa melangkah keluar — tetap saja akan sepi.
Maka dari itu situs komunitas jadi salah satu solusi paling efektif.
Guest blogging di blog yang populer.
Dengan begitu pembaca dari blog tersebut akan langsung mengenal anda dan langsung menuju website anda sendiri.

Dalam hitungan hari saja artikel tersebut langsung masuk ke halaman pertama untuk kata kunci yang saya inginkan.
Bagi ada yang punya blog baru, lakukan guest blogging di situs populer. Hasilnya tidak akan mengecewakan kalau dilakukan dengan benar.

Beberapa tips untuk melakukan guest blogging:
Lakukan guest blogging hanya di website yang pemiliknya masih aktif
Pastikan pembaca di blognya juga aktif berkomentar yang bukan sekedar berterima kasih (seperti contoh di atas)
Jangan melakukan guest blogging kalau di website tersebut kebanyakan guest blog
Topik blog harus sama dengan milik anda

11. Buat supaya pembaca bisa bantu mempromosikan
Konten tidak akan pernah jadi populer kalau hanya anda seorang diri yang promosi.
Pembaca juga harus aktif.
Jadi sebetulnya tantangan utama anda bukan “bagaimana mempromosikan”, tetapi “bagaimana supaya pembaca juga mau mempromosikan”.

Gunakan 6 elemen pemicu popularitas
Gunakan gambar yang menarik
Buat artikel panjang (> 2500 kata)
Sediakan tombol share
Minta mereka untuk share

Mari kita bahas lebih lanjut.
Ada korelasi yang kuat antara panjang artikel dengan jumlah share.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan BuzzSumo terhadap 1 juta artikel, semakin panjang artikelnya maka rata-rata share-nya makin tinggi:
Jadi lain kali anda membuat artikel, jangan puas dengan yang pendek.
Usahakan membuat artikel panjang.

Selain itu yang juga harus anda perhatikan adalah penempatan tombol share. Terdengar sepele tapi sebenarnya sangat berpengaruh.

Ada 3 tempat tombol share yang efektif:
Di awal konten
Di akhir konten
Di samping konten (ikut turun ketika di-scroll)

Tombol share yang ikut turun ketika di-scroll biasanya memberikan jumlah klik terbanyak.
Bentuk ini memberikan jumlah share terbanyak (di PanduanIM). Pengguna WordPress bisa membuat yang seperti ini menggunakan plugin bernama ClickToTweet.

Terakhir, minta langsung kepada pembaca anda untuk share.
Sudah terbukti bahwa kalau kita meminta mereka untuk share, maka jumlahnya akan meningkat jauh dibandingkan kalau tidak sama sekali.

Karena itu di salah satu halaman PanduanIM saya juga meminta untuk share:
Hasilnya cukup memuaskan:

12. Bangun tribe dan promosi silang dengan pemilik website lain
Apapun yang dilakukan bersama-sama biasanya mendatangkan hasil yang lebih baik daripada seorang diri.
Jadi daripada bekerja seorang diri, bagaimana kalau kita bekerja sama dengan blogger lain?
Mereka ingin populer…kita juga ingin.
Kedua pihak sama-sama diuntungkan.
Teknik ini akan lebih efektif kalau anda sudah punya audience. Misalnya berupa follower atau email list.

Tahapan untuk mulainya seperti ini:
Temukan 2-5 blogger dalam topik yang sama dan “level”-nya sama
Tulis komentar di blognya (seperti contoh 3 dalam teknik no. 10 di atas)
Tunggu sampai komentar anda dibalas
Kirimkan email, ajak untuk kerjasama

Kerjasama yang anda lakukan bisa dalam bentuk saling memasang backlink dalam konten, saling Tweet, email ke subscriber, dsb.
Ini biasa disebut dengan istilah Tribe.
Tapi hati-hati, jangan sampai mengganggu follower/subscriber anda sendiri.

13. Hubungi mereka yang sudah pernah share konten sejenis
Logikanya:
Kalau seseorang sudah pernah share konten dalam suatu topik, mereka akan cenderung lebih menerima kalau kita tawarkan konten yang sejenis.
Pertama-tama, cari konten yang sejenis dengan konten anda.
Biasanya dalam proses riset saat membuat artikel kita sudah menemukan banyak artikel yang sejenis. Simpan link-link artikel tersebut.

Robots.txt Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, dan Perbedaan Dengan SEO

Banyak dari beberapa pengguna jasa artikel online yang masih bingung untuk membedakan keterkaitan antara SEO dan robots.txt itu sendiri. Sebagian orang bahkan menganggap keduanya merupakan hal yang sama dan memiliki fungsi yang serupa.

SEO merupakan komponen paling penting dasar dalam membuat sebuah konten artikel media pada laman online. Ia memastikan agar artikel tersebut dapat diakses dengan mudah dan memberikan sebuah panduan atau gambaran yang jelas. Mengenai bagaimana struktur sebuah artikel yang baik dan benar. Memahami apa itu SEO merupakan sebuah kemudahan yang diberikan secara percuma untuk setiap website agar artikel tersebut ditemukan atau diakses secara cepat oleh masyarakat. Kaidah serta panduan-panduan yang diberikan oleh sebuah webmaster memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Robots.txt mungkin tidak akan lepas dari prinsip SEO itu sendiri. Itu menjadi bagian penting yang perlu anda pahami sebelum benar-benar terjun di dalamnya.

Perbedaan SEO dan Robots.txt
Dilihat dari pengertian SEO dan robots.txt itu sendiri nyaris sepenuhnya berbeda. SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization atau Optimizer. Ia merupakan sebuah proses yang memiliki fungsi sebagai salah satu faktor terpenting dalam meningkatkan kemungkinan keterlihatan atau visibilitas situs web yang anda kelola. Secara garis besarnya, jika website yang anda kelola memiliki keinginan untuk tampil sebagai salah satu ulasan yang berada di bagian paling depan di google. Maka anda perlu mengoptimalkan SEO artikel yang akan anda terbitkan di laman online yang anda miliki.

Sedangkan robots.txt merupakan sekumpulan kode berbentuk text yang berfungsi sebagai pengatur intruksi pada bot search engine. Hal itu bisa digunakan untuk berinteraksi dengan website atau blog yang anda kelola. Terlihat jelas bahwa robot.txt erat kaitannya dalam menunjang SEO dari sebuah website. Yaitu dengan menyediakan layanan pengaturan isi dari fisibilitas konten website.

Garis Besar Fungsi Robots.txt
Mengingat pentingnya fungsi dari SEO sebagai penunjang ramai tidaknya sebuah website. Maka memaksimalkan masing-masing komponen SEO akan sangat membantu website dalam bertahan. Dia akan menjadi sebagai salah satu website yang paling banyak dikunjungi pelanggan serta nomor satu yang akan ditemukan oleh pelanggan.

Tanpa SEO atau robots.txt sebenarnya website tersebut telah mampu diakses oleh semua orang. Akan tetapi, fungsinya hanya akan terlihat ketika anda mengetikkan keseluruhan detail dari website tersebut lebih banyak daripada yang anda inginkan. Ribet dan sedikit menyusahkan. Tidak optimalnya penggunaan SEO menghasilkan kurangnya nilai jual atau strategi marketing. Hal itu yang terancam lemah untuk memasarkan suatu produk karna tidak memiliki banyak peminat seperti yang anda harapkan.

Apa itu robots.txt?
Secara pengertian, anda bisa menyebutnya sebagai rangkaian file berbentuk text yang berisi intruksi untuk mem bot saat membuat website yang anda kelola dalam mesin pencarian. Belajar SEO pada awalnya mungkin gampang-gampang susah Apalagi setelah mengetahui dan ingin mencoba memaksimalkan fungsi SEO dengan mengotak-atik robots.txt pada website yang anda miliki.

Pengertian dan pemahaman dasar mengenai robots.txt itu sendiri dapat dijelaskan melalui sebuah perumpamaan mendasar. Jika terdapat bagian dari konten suatu website yang ingin dibagi menjadi beberapa kategori, mulai dari yang hanya bisa diakses oleh admin saja. Atau seluruh orang atau mungkin bahkan mesin pencari hanya dapat merayapi satu page atau keseluruhan. Hal tersebut merupakan tugas utama dari robots.txt untuk mengaturnya. Memperlihatkan dan menutup bagian website sesuai setting yang diberikan oleh setiap web – master.

Daripada menampilkan bagian-bagian website yang tidak berkaitan dengan isi serta tidak sesuai atau justru dianggap mengganggu. Robots.txt memungkinkan pengguna untuk mendapatkan informasi konten yang ia inginkan secara cepat dan terfokus. Frasa “Konten yang anda cari ada disini! tidak perlu ke ruang lain!” merupakan pemandu paling tepat dalam mengoptimalkan sebuah website.

Robots.txt : Pengertian – Fungsi – Cara kerja
Mungkin anda akan bertanya-tanya mengapa membutuhkan robots.txt untuk ‘menutup’ akses pada sebagian konten website yang ada, rasanya seperti tidak berguna. Memahami penggunaan robots.txt itu sendiri yang tidak hanya terpusat pada pengendalian keterbukaan konten. Anda bahkan bisa menggunakan robots.txt untuk menentukan fisibilitas sebuah gambar yang berada di dalam konten artikel yang anda kelola. Contoh mudahnya bila anda memiliki perusahaan tentu tidak semua orang diberikan akses masuk ke seluruh bagian perusahaan tersebut. Robots.txt berperan penting sebagai security yang akan menunjukkan tamu kemana ia harus pergi dalam sebuah perusahaan yang anda kelola.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa fungsi dari robots.txt itu sendiri, antara lain adalah :
Membatasi kegiatan robot bot
Mengontrol kegiatan spider bot
Memblokir halaman konten yang anda kelola
Dapat mengontrol mesin pencari seperti google untuk bagaimana memasuki website yang anda kelola.

Nah, setelah mengetahui fungsi dan pengertian dari robot.txt itu sendiri. Membahas mengenai robots.txt pada laman wordpress sebagai salah satu webmaster yang paling banyak digunakan di Indonesia menjadi lebih mudah, bukan?

Belajar Kode-kode Dasar Robots.txt Pada WordPress
Pengertian robots.txt
Robot.txt pada wordpress dapat diakses dengan mudah bagi pengguna yang membuat website wordpress itu sendiri. Anda hanya perlu pergi ke folder server utama untuk menemukan rangkaian robots.txt pada wordpress yang telah anda buat. Atau dengan mengetik langsung keyword berupa penambahan ‘/robots.text’ setelah atau dibelakang nama website anda.

Contohnya, jika anda memiliki sebuah website dengan nama ‘halo.id’ dan ingin melihat robot.text dari website yang anda buat tersebut, cukup menambahkan akhiran ‘halo.id/robots.text’ maka anda akan otomatis dialihkan ke server folder utama berisi serangkaian robots.txt website tersebut.

Kode sederhna bagi anda yang baru belajar mengenai robot.txt dapat diliat dalam penjelasan di bawah ini :
User-agent: *
Disallow: /wp-admin/
Disallow: /wp-includes/

Awal dari setiap robots.txt untuk wordpress akan diperlihatkan dengan kode seperti yang tertera pada nomor satu. Berisi tulisan ‘user – agent’ dan kemudian diikuti oleh kode dari bot yang akan menunjukkan atau menerapkan pengaturan website tersebut. Tanda bintang dapat diartikan sebagai pengaturan universal, dimana pengaturan dapat diaplikasikan dalam seluruh bot.

Kata ‘disallow’ pada nomor dua dan tiga menunjukkan bahwa bot dilarang untuk ‘crawling’ pada bagian wp – admin dan wp – includes karna memang kedua bagian tersebut biasanya tidak bisa diakses oleh seluruh pengguna yang masuk ke dalam website tertentu. Hanya admin dan beberapa orang yang diberikan ijin untuk mengunjungi atau memasuki bagian website tertentu.

Jika setelah tulisan ‘disallow’ tidak terdapat ini apapun, maka dapat diartikan bahwa seluruh isi konten suatu website dapat diakses dan tidak ada halaman atau konten yang dicekal. Sedangkan tanda ‘/’ setelah tulisan ‘disallow’ menunjukkan bahwa halaman tersebut seluruhnya dicekal dan tidak dapat dikunjungi oleh sembarang orang.
User-agent: *
Allow: /
# Disallowed Sub-Directories
Disallow: /checkout/
Disallow: /images/
Disallow: /forum/

Pada contoh kedua, terdapat kode berupa tulisan ‘allow’ yang artinya bot dapat melihat seluruh isi halaman website tersebut dengan pengecualian pada beberapa bagian yang tertulis di urutan ketiga dan seterusnya. Nah, uraian singkat tersebut diharapkan mampu menambah sedikit pengetahuan anda dalam mengenal robot.txt dan menerapkannya pada websie wordpress yang anda miliki.

Setelah mengenal istilah – istilah dasar atau kode-kode dasar yang digunakan dalam robots.txt wordpress, berikutnya akan dibahas mengenai bagaimana cara atau langkah mensetting robots.txt pada wordpress itu sendiri. Berikut adalah uraian singkat mengenai cara membuat robot.txt dengan plugin di wordpress, antara lain adalah :

1. Menggunakan Yoast SEO
Menurut pengalaman saya yang telah cukup lama berkecimpung dalam dunia tulis menulis SEo, tidak semua pemilik website wordpress memperkenankan admin – nya untuk melihat Yoast SEO dari konten tersebut. Bahkan setelah anda diijinkan untuk mengisi konten pada sebuh website belum tentu anda bisa mengutak – atik susunan Yoast SEO – nya. Hal ini sangat tergantung dari pengaturan robots.txt website itu sendiri.

Yoast SEO merupakan sekumpulan plugin yang berhubungan dengan SEO yang bertujuan untuk mengoptimalkan konten postingan website tersebut agar lebih mudah ditemukan oleh search engine. Pembuatan robot.txt melalui Yoast SEO terkenal lebih mudah karna kesederhanaannya yang gampang dipahami oleh siapapun.

Anda bisa mengutak-atik robot.txt dari website wordpress dengan pergi ke bagian file editor yang berada di opsi tab tools. Petunjuk pemograman robot.txt pada website wordpress dapat dilihat dari gambar-gambar langkah pengeditan di bawah ini :



Anda dapat menulis ulang, menambah atau mengurangi kaidah Yoast SEO yang ditampilkan oleh pengaturan default website wordpress sesuai yang anda inginkan. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa Yoast SEO memiliki pengaturan defaultnya sendiri yang dikhawatirkan akan tumpang tindih dnegan robot.txt yang akan buat jika tidak hati-hati.

2. Menggunakan Plugin All in One SEO Pack
Pengertian robots.txt
Mungkin opsi kedua ini cukup jarang digunakan bagi anda yang baru belajar menggunakan robot.txt dan SEO, akan tetapi perlu menjadi perhatian bahwa plugin yang satu ini menawarkan fitur yang jauh lebih menarik meski mirip dengan Yoast SEO. Anda bisa megaktifkan plugin All in One SEO pack ketika membuka bagian feature manager untuk melihat opsi-opsi yang disediakan.

Anda tinggal memilih opsi mana yang sesuai dengan keinginan anda sebelum memutuskan untuk mengaktifkan opsi tersebut. Menggunakan Plugin yang satu ini jauh lebih mudah jika dibandingkan denganYoast SEO yang seratus persen kodenya ditulis langsung oleh pengguna. One SEO pack memberikan kemudahan dalam memilih tindakan serta perintah yang diinginkan, anda tidak perlu repot-repot menulis ulang ‘allow’ atau ‘disallow’ untuk seluruh perintah yang ingin anda masukkan.

Kelemahan dari plugin yang satu ini mungkin terletak pada perbedaannya dengan Yoast SEO yang jauh lebih sederhana dan langsung bisa mengubah seluruh robot.txt di website wordpress tersebut. Pilihan lain untuk mengaktifkan atau menonaktifkan plugin ini jika anda ingin menulis robot.txt secara manual merupakan salah satu kelebihan lain dari One SEO Pack.

7 Tips Membangun Startup Anda, Simpel dan Efektif

Siapapun yang pernah membangun startup pasti paham sulitnya mencari kesempatan baru untuk mengembangkan startup-nya. 
Kalau Anda sedang menghadapi hal sama, jangan terlanjur berkecil hati. Ada berita bagus untuk Anda. Dengan bantuan riset dan analisis awal, memulai startup dan mengembangkannya jadi hal yang tak terlalu sulit.

Apalagi kalau itu semua dibarengi dengan strategi yang bagus dan detail. Nantinya, Anda siap membangun startup dan mengembangkannya ke level yang lebih besar.

Di artikel ini, Anda akan temukan startup tips. Terutama tips yang berhubungan dengan memulai startup dan mengembangkannya. 

1. Membangun website terbaik
Website adalah jantung startup. Maka, pastikan setiap detail kecil di website tereksekusi sempurna. Hanya dengan cara itulah, image dan reputasi Anda akan tampak baik di mata konsumen.
Dalam membuat website, Anda perlu memastikan semua aspek selaras. Termasuk di dalamnya desain, fitur fungsional, user experience (UX), konten, sampai dengan ekstensi domain yang pas dengan bisnis.

Pemilik bisnis pada umumnya terjebak pada aspek-aspek teknis website. Selain menghabiskan waktu banyak, aspek teknis sering kali tak berhubungan langsung dengan branding dan marketing. 

Pebisnis umumnya lupa dan tak terlalu memperhatikan nama domain yang mereka gunakan. Padahal, nama domain adalah identitas online bagi bisnis. Nama domain yang jelek akan menyiratkan kesan malas dan tak cukup ahli di bidangnya.

Sebetulnya, ada begitu banyak pilihan bagi Anda menciptakan nama domain yang menarik. Hal ini karena ada 1200 pilihan ekstensi domain baru di pasaran. 
Dengan pilihan sebanyak itu, Anda tak lagi setengah-setengah dalam membuat nama bisnis. Tinggal pakai satu domain name yang mewakili bidang industri dan branding yang ingin Anda ciptakan. 

Misalnya saja, jika Anda punya bisnis ecommerce, pakailah ekstensi .store. Ekstensi ini akan menciptakan kesan yang lebih oke. Startup yang Anda kembangkan juga akan nampak berbeda, unik, dan stand out dibanding kompetitor.

Berikut beberapa ekstensi domain yang bisa Anda pakai:
.TECH untuk bisnis di sektor industri teknologi;
.STORE untuk bisnis retail dan ecommerce;
.SITE dan .ONLINE cocok untuk segala jenis bisnis dan punya kesan keren;
.SPACE untuk cafe, creative space, dan co-working space;
.FUN untuk segala macam bisnis yang sifatnya kreatif dan menyenangkan.

2. Pilih niche atau topik yang tepat
Proses membangun startup sangat tergantung pada banyak faktor. Salah satunya pada pilihan niche yang tepat. 
Untuk membangun startup dan mengembangkannya, Anda perlu tahu aspek mana yang perlu lebih dulu fokus digarap. Fokus akan membantu Anda tahu mana kelebihan dan kekurangan bisnis. 

Kemudian, Anda bisa menentukan niche macam apa yang diambil. Langkah ini akan menentukan strategi marketing keseluruhan. Bersama-sama, kedua hal ini penting untuk memastikan pengembangan startup yang konsisten.

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memilih niche yang pas:
Menyebutkan fitur dan penawaran bisnis dari yang paling diprioritaskan;
Menyebutkan fitur yang jadi kebutuhan calon pelanggan;
Melakukan filter dan memutuskan hal mana yang penting untuk mengembangkan startup (jalan tengah antara fitur yang Anda tawarkan dengan kebutuhan pelanggan);
Membuat strategi untuk mencapai target;
Menetapkan timeline untuk kategori penawaran yang berbeda. Jadi, di satu waktu Anda bisa fokus untuk mengembangkan satu fitur khusus.

3. Kembangkan nilai jual produk yang unik
Apa yang membedakan Anda dari kompetitor? Nilai apa yang dicari orang dari Anda? Inilah yang disebut sebagai faktor pembeda atau unique selling points (USP).
Anda perlu setidaknya satu faktor USP untuk meyakinkan pelanggan memilih produk Anda alih-alih kompetitor. Mengembangkan USP akan memudahkan Anda menarik target pasar yang besar. 

Sebab pembuatan USP biasanya merujuk pada masalah atau pain points yang dihadapi pelanggan. Ketika Anda mengembangkan dan memperbesar nilai USP, sekali waktu Anda juga menawarkan solusi untuk mereka.

Hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan nilai jual produk:
  • Fokus bangun dan kembangkan USP;
  • Bedakan diri Anda dari kompetitor;
  • Targetkan audiens dan pasar yang lebih luas;
  • Tawarkan solusi dari kesulitan yang dihadapi konsumen.
4. Terus update dengan tren terbaru
Sebagai pengusaha, belajar adalah hal yang perlu dilakukan terus-menerus. Terutama ketika Anda sedang berusaha membangun startup dan mengembangkannya. 
Karena itu, Anda perlu terus mengikuti tren terbaru industri dan perkembangan bisnis lainnya. Perhatikan kompetitor dari industri yang sama. Belajarlah dari pengalaman, kesuksesan, dan kegagalan mereka.

Lebih lanjut, Anda bisa melakukan beberapa hal ini:
Perhatikan berita terbaru dan tren dari industri Anda;
Perlakukan kompetitor sebagai studi kasus yang bisa dipelajari;
Baca buku dan artikel online yang relevan tentang tren bisnis terbaru.

5. Terus perbarui strategi marketing
Strategi pemasaran yang baik haruslah memiliki proporsi pas antara metode inbound dan outbound. Coba tes campaign Anda dan terus modifikasi serta perbarui strategi pemasaran. Lakukan itu semua berdasarkan apa yang paling efektif dan menghasilkan output terbaik.

Sertakan data analytics sebagai bahan pertimbangan pembuatan keputusan. Hal ini akan memudahkan Anda membuat keputusan dengan hasil yang bisa objektif dan bisa dievaluasi.
Bandingkan data baru dengan data lama. Lalu, lihat mana yang membawa hasil lebih baik. Sering-seringlah lakukan strategi tersebut.

Secara konkret, hal-hal inilah yang perlu Anda lakukan:
Buat strategi marketing yang komprehensif;
Dedikasikan satu bagian rencana Anda untuk inovasi dan mencoba hal baru;
Selalu analisis data dan respons terkait campaign marketing;
Ciptakan terus alternatif strategi baru. Jangan lupa untuk lakukan tes dan perbaikan campaign serta strategi pemasaran.

6. Jalin komunikasi yang baik dengan pelanggan 
Pelanggan pertama sangat penting di masa-masa awal membangun startup. Jika Anda bisa menemukan cara untuk terus berhubungan dengan mereka, itu artinya Anda sudah di jalur yang tepat.
Jika belum, cobalah ajak pelanggan bicara. Dapatkan saran dan masukan tentang bisnis Anda secara langsung. Lebih baik lagi kalau Anda bisa secara halus tawarkan produk dan layanan lainnya.

Pelanggan setia bisa berubah menjadi evangelists atau brand advocates. Mereka akan dengan senang hati mempromosikan bisnis Anda tanpa perlu dibayar. Maka, pastikan Anda memperlakukan pelanggan dengan baik.

Berikut hal yang bisa Anda lakukan untuk memastikan hubungan baik dengan pelanggan:
Sediakan customer support;
Dengarkan saran dan masukan dari pelanggan;
Pertimbangkan saran pelanggan, masukkan beberapa saran ke dalam penawaran baru atau strategi bisnis baru;
Berikan hadiah berupa poin atau loyalty benefits kepada pelanggan yang ikut merekomendasikan produk;
Tampilkan testimoni pelanggan pada website dan media sosial bisnis Anda.

7. Jaga operasional startup tetap ramping
Mulai dengan optimalkan biaya operasional startup Anda. Alih-alih menambah anggota tim, coba bangun sebuah tim solid dengan orang-orang pilihan. Lebih spesifik lagi, orang-orang pilihan yang percaya pada visi dan misi perusahaan Anda.

Hal yang sama juga harus Anda terapkan dari sisi anggaran. Kami tahu, menghamburkan uang untuk menjaring pelanggan dan membiayai usaha marketing adalah hal yang menyenangkan. Namun, cobalah untuk tetap ada pada budget Anda.

Kalau startup Anda sudah berkembang dan lebih mapan, boleh lah Anda sedikit leluasa dalam mengatur pengeluaran. Untuk lebih lengkapnya, beginilah yang bisa Anda lakukan untuk menjaga biaya operasional startup tetap ramping:
Jaga biaya operasional kantor tetap minimum;
Pertahankan tim inti dengan jumlah anggota yang kecil;
Fokus bangun internal startup dibanding habiskan uang untuk membuat campaign;
Patuh pada anggaran.

7 Tips Membangun Brand Startup Anda
Reputasi membangun merek adalah alasan utama untuk memastikan bahwa audiens target Anda membentuk persepsi positif tentang startup Anda. Jadi, jika audiens Anda percaya bahwa produk atau jasa Anda identik dengan kualitas yang hebat, mereka dapat membuat keputusan pembelian instan tanpa berpikir.

Menciptakan Brand yang kuat bukan hanya dengan desain website yang profesional , desain logo, produk dan layanan berkualitas. Semua elemen untuk promosi juga dapat membangun kekuatan brand. Berikut adalah beberapa tips penting untuk mempertimbangkan untuk membangun merek startup yang kuat.

1. Tentukan Tujuan Anda
Pastikan bahwa startup Anda memiliki tujuan dan tidak hanya membuat janji palsu. Anda harus meluncurkan bisnis dan produk atau jasa anda. Ini akan membantu Anda menentukan posisi merek Anda. Jadi, masuk akal untuk menyoroti daerah di mana bisnis Anda berbeda dari pesaing Anda. Misalnya, IKEA adalah produsen furnitur global. Tapi visinya adalah untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik sehari-hari. Visi dan misi fungsinya untuk menarik pelanggan potensial Anda.

2. Pesan Kohesif
Pesan Anda di semua platform harus konsisten sehingga orang percaya dengan Anda. Pesan harus efektif berhubungan dengan merek Anda. Misalnya, jika Anda menambahkan foto ke halaman Facebook Anda, harus tingkatkan kepribadian merek Anda dengan menyoroti pesan Anda.

3. Membangun Emosional
Ingat, pelanggan potensial Anda mengandalkan kekuatan produk untuk membangkitkan emosi. Banyak terjadi pembelian produk atau jasa karena dipengaruhi karena adanya keterikatan emosiaonal. Pemasar menggunakan emotional branding untuk menciptakan komunitas pelanggan setia terhadap merek. Dalam strategi ini , orang dituntun untuk percaya bahwa mereka adalah bagian dari merek. Masukan seluruh pesan yang menarik bagi emosi pengguna Anda. Jangan terus berbicara tentang usaha bisnis Anda, tetapi cobalah berbicara tentang konsumen Anda .

4. Jadilah Flexible
Untuk menciptakan merek perusahaan yang kuat, Anda harus siap untuk menerima tantangan baru dan mempertahankan pendekatan yang fleksibel. Jadi, Anda harus menunjukkan fleksibilitas sehingga Anda dapat membuat penyesuaian dengan harapan generasi baru dari bisnis Anda. Apabila dapat menyesuaikan diri itu kan efektif agar bisa berinteraksi dengan pelanggan yang lama dan baru.

5. Berkomunikasi Dengan Pelanggan
Melatih karyawan Anda pada semua aspek merupakan hal yang penting terutaa komunikasi. Komunikasi yang efektif dan santun dengan pelanggan akan memberika kepercayaan pelanggan. Ambil contoh Zappos, produsen sepatu populer. Mereka memiliki departemen yang terpisah untuk menjawab pertanyaan pelanggan.

6. Mengolah Loyality
Pastikan bahwa Anda menumbuhkan loyalitas di antara pengikut Anda, konsumen dan pelanggan. Anda dapat menulis surat pribadi kepada pelanggan Anda untuk berterima kasih kepada mereka karena sudah berbisni dengan Anda. Meminta mereka untuk menulis pengalaman mereka menggunakan produk dan fitur tinjauan mereka di situs Anda. Dan berilah hadiah untuk mereka.

7. Perhatikan Kompetitor
Anda harus mengetahui tentang apa yang sedang dilakukan dan yang sudah dilakukan pesain Anda. Anda harus belajar dari pesaing Anda. Mengawasi kegiatan pesaing Anda di media sosial. Jadi, pastikan bahwa Anda tahu cara efektif mengeksplorasi media sosial untuk branding startup Anda.

Kesimpulan
Pengembangan adalah satu tahap kunci dalam masa-masa awal memulai startup. Kalau boleh disederhanakan, ada empat hal yang perlu terus Anda ingat.
Pertama, terus ikuti perkembangan bidang industri Anda. Jangan lupa juga untuk terus update isu dan tren terbaru. Dengan begitu, Anda bisa ikut menumpang arus dan mendapatkan pelanggan-pelanggan baru.
Kedua, terus modifikasi dan sempurnakan strategi marketing yang Anda punya. Lewat cara inilah, Anda bisa mengembangkan niche dan membuat nama unik bisnis di bidang Anda.
Ketiga, pastikan juga Anda memiliki tim inti yang solid ketika sedang memulai startup. Ingatlah untuk tidak neko-neko dengan situasi finansial perusahaan. 
Terakhir, selalu dengarkan konsumen Anda.

Thursday, 8 October 2020

6 Kesalahan Umum dalam Pembuatan Desain Website

Website merupakan media populer untuk pemasaran bisnis/usaha Anda. Selain berfungsi sebagai media pemasaran, website juga merupakan cerminan bagi perusahaan Anda, maka desain website yang profesional itu penting untuk dimiliki.

1. Menggunakan Template Tanpa Kustomisasi
Peletakan semua elemen desainnya hampir sama. Jika dibuat sketsa, ketiga tampilan di atas akan tampak seperti ini.


Anda dapat melihat sendiri kecenderungan pola desainnya. Logo selalu ditempatkan pada bagian kiri atas header, menu navigasi di samping kanan, image slider di bagian bawah header, kemudian image poin utama yang menunjukan keunggulan dari setiap bidang usaha dalam website tersebut.

It’s ok, no problem if you use a website template like that.

OK, tidak apa-apa jika Anda menggunakan template seperti itu. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk kustomisasi template yang Anda gunakan.
a. Logo
Mungkin terdengar agak aneh mengapa logo perlu dituliskan di sini karena pasti Anda sudah mengerti bahwa logo termasuk identitas dari perusahaan Anda. Eits.. jangan salah sangka terlebih dahulu. Hal ini perlu disampaikan mengingat logo sering disepelekan. Bahkan, masih banyak pelaku bisnis yang menggunakan logo asal jadi atau alakadarnya. Bagi Anda yang memiliki usaha, terutama UKM, perkaya pemahaman Anda mengenai pentingnya sebuah logo di artikel kami selanjutnya: Mengapa UKM Perlu Logo Profesional.

Tersedia banyak template/clipart menarik yang memudahkan Anda untuk melakukan kustomisasi logo yang Anda inginkan. Anda hanya perlu memilih clipart yang tersedia di Logomakr dan memberikan teks, setelah itu tinggal save dan logo yang Anda buat akan secara otomatis diunduh dengan format .png yang cukup ditampilkan pada website Anda. Namun sayangnya untuk mendapatkan High Resolution (format vector) Anda harus membayar $19 supaya bisa dicetak di berbagai media

Hampir sama dengan Logomakr, Logogarden menyediakan clipart menarik yang dapat Anda kustomisasi sesuai keinginan. Akan tetapi, dalam versi gratisan Logogarden Anda hanya mendapatkan file low resolution .jpg sedangkan untuk mendapatkan file High Resolution Anda cukup membayar $12.

b. Slider
Saat pertama kali dilihat, sekilas banner slider memang terlihat sangat menarik karena tampilannya yang dinamis. Akan tetapi tahukah Anda bahwa slider dapat merusak kinerja website?
Slider yang terlalu cepat bisa merusak pesan yang ingin Anda tampilkan di halaman utama.

Tidak semua slider bisa bekerja dengan baik pada tampilan mobile (responsive website).
Slider juga dapat mengakibatkan pengunjung jadi kurang fokus karena terlalu banyaknya pesan yang ditampilkan.

Hal inilah yang pada akhirnya akan membuat para pengunjung meninggalkan website Anda. Jadi silakan pertimbangkan kembali pentingnya fitur slider ini.

Slider bukanlah satu-satunya fitur yang dapat membuat website terlihat lebih dinamis. Tata letak (baca: layout) yang bagus berikut penggunaan animasi yang sesuai juga dapat memberikan dampak baik bagi website Anda. Salah satu contoh layout yang bagus adalah seperti yang diterapkan oleh Cleverbird.com

Penggunaan image yang sesuai dengan jasa yang ditawarkan, kualitas gambar yang bagus kemudian penempatan teks posisi ditengah yang membuat mata pengunjung lebih fokus kepada apa saja yang ditampilkan di website Cleverbird.com, beserta animasi yang sederhana dan tidak mengganggu mata itulah yang menjadikan Layout website ini pantas Anda jadikan inspirasi.

c. Kontak
Benar sekali. Kontak adalah hal yang penting untuk ditampilkan dalam website. Silakan lihat kembali tiga template yang ditampilkan di atas. Sebagian besar bahkan tidak menampilkan kontak.
Dengan adanya kontak atau nomor telepon, website Anda terlihat lebih terpercaya.

Nah, inilah poin utamanya: membangun kepercayaan pengunjung. Bayangkan jika Anda sudah membuat website sedemikian bagus namun Anda malah tidak menampilkan kontak. Apa jadinya?

Baik, mari kita lanjutkan. Lantas bagaimana penempatan kontak yang baik? Pada umumnya, kontak diletakkan pada bagian Header. Fungsinya adalah untuk mencuri kesan pertama pengunjung ketika pertama kali melihat website Anda.

Bluehost meletakkan kontak di bagian atas sebelah logo dimana kebanyakan mata manusia melihat konten website dari kiri ke kanan sehingga hal ini akan memudahkan pengunjung untuk menemukan kontak yang ditampilkan.
Zappos meletakkan kontak di bagian header diatas logo berguna untuk mempermudah pengunjung menemukan kontak yang ditampilkan di website.
Berbeda dengan kedua contoh diatas roosterschicken.com menempatakan kontak disisi kanan, dengan menggunakan backgroud warna kuning dan teks kontak lebih besar serta menggunakan warna hitam sehingga tampilan kontak kontrast dan mempermudah pengunjung menemukannya.

2. Memilih Foto/Gambar dengan Kualitas Kurang Baik
Salah satu bagian yang penting ketika membangun desain website adalah foto. Pemilihan foto atau gambar yang tepat dapat menyampaikan jutaan makna, karena foto yang baik dapat menyampaikan emosi, memberikan perintah untuk melaksanakan aksi, menjelaskan fitur atau produk secara rinci, bahkan menggambarkan konsep tanpa harus membaca sebuah kata dalam promosi

A good website starts with a good image.

Begitu juga sebaliknya. Foto yang kurang baik dapat memberikan kesan buruk bagi website Anda. Perlu Anda ketahui juga bahwa foto/gambar yang baik digunakan dalam website tidak melulu harus High Resolution (beresolusi tinggi). Mengapa? Resolusi yang terlalu tinggi dapat turut mempengaruhi kinerja website Anda, dan berpotensi memperlambat kecepatan akses. Jadi, silakan pertimbangkan baik-baik penggunaan foto untuk website Anda.

Adapun untuk mengoptimalkan kualitas foto/gambar yang Anda gunakan agar tetap dalam ukuran kecil, Anda dapat menggunakan tool optimizer online berikut ini.

TinyJPG & TinyPNG
Tools online ini bisa mengoptimasi file image Anda sampai 70%, maksimal proses dalam sekali optimasi 20 image dan setiap image maksimal berukuran 5MB, Hanya untuk optimasi file berekstensi .jpg dan .png.

Compressor.io
Lain halnya dengan tinypng. Tools ini dapat mengoptimasi file image hingga 90%, tak hanya bisa mengotimasi file berekstensi .jpg dan .png tools ini juga bisa mengoptimasi file .gif dan .svg. Maksimal file untuk dioptimasi 10MB namun sayangnya hanya dapat memproses 1 image sekali optimasi.

3. Navigasi yang Terlalu Rumit
Di sinilah Anda harus berpikir lebih keras lagi. Pada bagian Navigasi Anda harus bisa memahami apa yang sebenarnya Anda dan para pengunjung website inginkan.

Menentukan navigasi dapat digambarkan seperti meletakkan pondasi awal rumah.

Kegagalan dalam menentukan pondasi awal dapat beresiko mengakibatkan rumah Anda roboh.
Ada cara cepat yang bisa Anda tempuh untuk menentukan navigasi seperti apa yang akan Anda gunakan: bertanya pada diri Anda sendiri. Apa yang perlu Anda tanyakan?
Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda tanyakan kepada pada diri Anda untuk membantu mempersiapkan skema navigasi.
Halaman apa saja yang dibutuhkan website ini?
(Anda dapat melihat referensi website yang sesuai dengan usaha/bisnis Anda jalankan)
Apakah setiap halaman memiliki skema lain yang lebih luas?
Apakah konten akan dipecah ke dalam beberapa bagian?
Apa tujuan utama pengunjung Anda?
(Apakah mereka mencari informasi? Ataukah mereka ingin menjadi pelanggan Anda? Jawaban pertanyaan ini juga akan menentukan apakah website Anda memerlukan sistem login atau tidak)

Dengan menjawab semua hal di atas dan memahami bagaimana konten website Anda saling berkaitan, Anda akan menemukan dasar dalam menentukan navigasi yang baik.

Simple is better
Inilah yang diterapkan oleh designmuseum, dimana hanya ada 1 menu di atas dan memanfaatkan scroll sebagai navigasi utama, berdasarkan kebiasaan para pengguna internet ketika mengunjungi sebuah website.

indicate content to users
Mempertegas navigasi menggunakan icon agar memudahkan pengguna untuk memahami konten didalam navigasi yang disajikan

show the most important
Karena sebuah agency yang dibutuhkan informasinya oleh pengunjung berupa portfolio/work, Deskripsi layanan dan Kontak maka hanya ada 3 menu navigasi di website yang diterapkan oleh manifold.

4. Penggunaan Tipografi dan Warna yang Kurang Sesuai
Bicara tentang desain tidak akan lepas dari urusan tipografi dan warna. Karena topik ini tidak akan ada habisnya jika dibahas dan penjelasannya berpotensi sangat panjang, kami tidak akan membahasnya secara rinci di sini.

Penggunaan tipografi dan warna yang sesuai dapat membuat desain website Anda lebih konsisten dengan brand (identitas) perusahaan Anda.

Percaya atau tidak (tapi sebaiknya Anda percaya, trust me I’m a designer), kebanyakan pengunjung datang ke website hanya untuk membaca apa yang Anda tawarkan. Bentuknya bisa bermacam-macam, baik itu artikel, review produk, maupun informasi mengenai usaha Anda. Mereka mengunjungi website Anda untuk membaca teks dan jarang sekali memperhatikan warna atau elemen desain lain yang Anda gunakan.

Maka dari itu, perhatikan dengan seksama pemilihan tipografi dan warna ketika membangun sebuah website. Bahkan ketika Anda merasa sudah memiliki warna serta tipografi favorit, alangkah baiknya jika Anda lebih berhati-hati.

Berikut adalah beberapa website dengan perpaduan sangat baik antara tipografi dan warna yang dapat Anda jadikan inspirasi.

Basisystems
Contoh desain yang clean, minimalist dan terkesan elegant.Dengan sentuhan hangat warna cokelat muda sebagai warna latar belakang dan dipadukan dengan penggunaan typografi Type Serif semakin memperjelas kesan mewah dari produk yang ditawarkan.

L’avenir
Ingin menampilkan kesan yang resmi, profesional dan clean L’avenir adalah contohnya. Memadukan warna hijau dan orange serta abu-abu muda sebagai warna latar belakang dan typografi sans serif untuk mempertegas citra profesional.

5. Call to Action Kurang Menarik
Bagi Anda yang belum tahu apa itu Call to Action beberapa contoh berikut ini bisa membantu Anda lebih memahaminya lagi. Pernahkah Anda mengunjungi halaman awal Facebook seperti ini?

Atau mengunjungi halaman awal WordPress seperti ini.
Atau Anda gemar berbelanja online di Lazada yang memiliki halaman seperti ini?

Dari tiga gambar di atas, coba Anda perhatikan bagian yang ditandai kotak berwarna merah. Bisa jadi saat ini Anda berpikir bahwa ini adalah sebuah tombol. Ya, benar sekali. Call to Action (biasa disingkat sebagai CTA) memang biasanya berbentuk tombol yang diletakkan dalam sebuah website. Tujuannya agar pengunjung melakukan suatu tindakan (misalnya tombol “Daftar Sekarang!“), mengarahkan pengunjung ke halaman website dengan informasi yang lebih lengkap (misalnya tombol “Selengkapnya …“) dan lain-lain.

CTA yang baik idealnya dapat meningkatkan penjualan dalam sebuah website.
Salah satu faktor yang mempengaruhi hal ini adalah desain visual CTA. Di sini ada dua elemen utama yang perlu Anda perhatikan: tombol dan teks.

Desain tombol CTA dapat dikatakan menarik apabila kualitas dari desain tombol tersebut berhasil menyita perhatian pengunjung. Indikatornya, pengunjung tidak akan bertanya, “Di mana saya harus meng-klik?” ketika mengunjungi website Anda.

Teks dalam desain CTA disebut optimal apabila teks yang dibuat bisa meyakinkan pengunjung bahwa mereka harus segera melakukan apa yang Anda inginkan. Teks ini bertujuan mempengaruhi pikiran mereka bahwa hal tersebut sangat penting untuk dilakukan, agar mereka tidak perlu bertanya kepada diri sendiri dengan ragu, “Mengapa saya harus klik ini?”

Berikut adalah contoh website dengan CTA menarik yang bisa Anda jadikan inspirasi.
Adobe Businesscatalyst

Tombol CTA dengan warna kuning dan teks “Get Started For Free” yang sangat jelas dan mudah terbaca akan menyita perhatian pengunjung untuk segera menekan ( meng-klik) tombol tersebut.
Zendesk

enempatan tombol CTA yang sempurna, diantara 2 image dan tepat posisi ditengah beserta teks copy “Try Zendesk For Free” membuat design CTA semakin jelas terlihat dan nyaman untuk segera menekan tombol CTA tersebut.

6. Slow Loading Page
Dari lima poin yang sudah disebutkan di atas, kecepatan loading space yang sering dilupakan oleh banyak desainer. Padahal, hal ini termasuk salah satu poin penting dalam membangun sebuah website. Anda pasti cukup sering mengalaminya. Apa yang biasa Anda lakukan ketika berkunjung ke sebuah website namun halamannya tak kunjung terbuka? Apakah refresh halaman? Atau mungkinkah Anda akan segera meninggalkan halaman tersebut? 

Apabila Anda tidak ingin hal ini terjadi pada website Anda, sebaiknya Anda cek kembali hal-hal yang dapat membuat proses loading website Anda lambat, seperti :

Ukuran foto/gambar yang digunakan

Keperluan konten video

Script css dan javascript yang terlalu banyak dan mengakibatkan storage membengkak
Layanan hosting yang Anda gunakan

berikut adalah tools untuk memeriksa kecepatan loading page website
Googlepagespeed


Google Page Speed bisa menganalisa website dengan tampilan mobile dan dekstop jadi pada setiap elemen yang terdapat di website Anda terdapat analysa tersendiri dari yang versi mobile dan versi dekstopnya, sehingga ini akan mempermudah Anda untuk memperbaiki bagian-bagian tertentu sesuai yang direkomendasikan oleh tools ini.
GTMetrix


Lain halnya dengan Googlepagespeed, GTMetrix tidak menganalisa page speed pada tampilan website mobile namun memberikan keunggulan pada nilai Yslow dimana nilai ini diambil dari rata-rata Googlepagespeed dan Yahoo, serta membandingkan dengan website yang pernah melakukan test dengan GTMetrix.

contoh kasus slow loading page yang terjadi pada website www.oakleysunglasses2.us.com
Test loading page dengan Googlepagespeed

Tampilan Desktop

Tampilan Mobile

Yang terdapat dalam kotak merah itu adalah nilai hasil test loading page sedangkan yang didalam kotak warna hijau itu elemen-elemen yang perlu diperbaiki.
Test loading page dengan GTMetrix

Yang terdapat dalam kotak merah itu adalah nilai hasil test loading page sedangkan yang didalam kotak warna hijau itu rekomendasi elemen mana yang perlu diperbaiki.

Kesimpulan
Citra yang baik tentu dapat membuat para pelanggan lebih senang melakukan bisnis dengan Anda. Melalui desain website yang baik, bisnis Anda dapat terlihat lebih meyakinkan, dan ini artinya Anda memiliki kesempatan lebih besar untuk meraih kesuksesan di internet.


21 Cara Mempercepat Loading Website WordPress Anda

Mengapa Kecepatan Penting untuk website Anda?
Anda tentu tidak ingin mengalaminya, mengakses suatu website guna memperoleh informasi namun malah menjumpai halaman dengan loading page lama. Begitu pula dengan pengunjung website Anda. Mereka dapat segera meninggalkan website Anda apabila informasi yang ada terlalu lambat ditampilkan. Hal ini yang nantinya berimbas pada konversi penjualan website bisnis Anda. 

Loading lama dapat membuat para pengunjung pergi dari website Anda. Sebuah riset yang dilakukan oleh Kissmetrics mengungkapkan, rata-rata loading time yang diperlukan saat pertama mengakses website hanya sekitar 3 detik saja.

Dalam jangka panjang, website yang lambat juga akan berimbas pada Google Ranking. Seperti yang Anda ketahui, Google tidak akan memprioritaskan website dengan waktu loading lama. Tentu hal ini buruk bagi bisnis Anda, bukan?

Selain mudah (Anda dapat melakukan optimasi sendiri di rumah), sebagian poin tips di sini memiliki prinsip yang universal. Artinya, Anda juga dapat menerapkannya menggunakan platform lain.

Bagaimana Cara Melakukan Pengecekan Kecepatan Website?
Beberapa website seperti GTMetrix, Pingdom, dan Google Page Speed dapat membantu Anda melakukan analisa kecepatan website serta memberikan masukan bagian mana yang harus Anda optimasi. Anda dapat menggunakan tool ini untuk menentukan langkah yang tepat Anda lakukan, sesuai kondisi serta keadaan website Anda.

Mengapa Website Dapat Memiliki Loading Time Tinggi?
Ketika Anda melakukan pengecekan melalui situs seperti Google Page Speed, terdapat beberapa rekomendasi hal apa saja yang harus Anda lakukan untuk optimasi website. Penyebabnya memang bisa bermacam-macam. Akan tetapi, pada umumnya ada beberapa penyebab utama mengapa website memiliki loading time tinggi. Berikut adalah beberapa di antaranya.
Web Hosting. Layanan hosting yang kurang memadai dapat membuat website Anda tampil lebih lambat.
Konfigurasi WordPress. Ketika melakukan konfigurasi, Anda tidak memperhatikan penanganan cache, maka akan berimbas pada kecepatan WordPress Anda.
Ukuran File Gambar. Jangan sepelekan gambar yang terdapat dalam website Anda. Pastikan gambar pada WordPress telah dikompresi maksimal sehingga tidak membebani load website Anda
Plugin WordPress. Beberapa plugin dapat memperlambat load website Anda.
Server Hosting. Memastikan konfigurasi dari server hosting.

1. Mengaktifkan Caching WordPress Anda
Hal mendasar dan yang pertama kali harus Anda lakukan adalah menggunakan caching plugin di website WordPresss Anda. Lakukan dengan bantuan beberapa plugin seperti WP Super Cache, W3 Total Cache, dan WP Super. Pada dasarnya plugin caching akan bekerja dengan membuat file html statis, sehingga ketika diakses kembali dapat diakses dengan lebih cepat karena tidak perlu memuat script dinamis yang membebani kinerja server. Selain itu, beberapa plugin caching memiliki fungsi tambahan seperti minify file HTML, CSS, bahkan caching browser.

2. Melakukan Kompresi Gambar pada Website
Sebaiknya Anda tidak menyepelekan hal ini. Gambar berukuran besar pada website Anda bisa menambah waktu loading. Solusinya adalah lakukan optimasi. Poin pentingnya, minimalkan ukuran gambar namun pastikan tetap terlihat dengan resolusi yang baik. Anda dapat menggunkan plugin WP-Smush untuk optimasi gambar diseluruh website dan resolusi yang Anda dapatkan tetap maksimal. Setelah itu, untuk meminimalkan ukuran gambar, lakukan pengecekan dahulu menggunakan GTMetrix. Nantinya GTMetrix akan memberikan informasi gambar mana saja yang masih bisa Anda perkecil. Mengubah ukuran gambar bisa Anda lakukan dengan Photoshop, Photoscape, dan lain-lain. 

3. Pastikan WordPress Menggunakan Versi Update
WordPress merupakan platform open source yang selalu berkembang dan terus disempurnakan. Anda harus selalu melakukan update versi terbaru WordPress. Upadate dilakukan untuk memperbarui fitur dan menghilangkan bug dalam versi sebelumnya. Begitu pula dari sisi kecepatan, WordPress yang tidak update lebih lamban dan rentan terhadap ancaman seperti malware, virus, bahkan ancaman hacker.

4. Menghapus Plugin yang Tidak Berguna dalam Website
Plugin berfungsi untuk membantu meningkatkan kinerja website Anda. Akan tetapi, pastikan Anda hanya menggunakan plugin sesuai kebutuhan. Plugin yang tidak Anda gunakan namun tetap terpasang akan memperlambat website Anda.

Semakin banyak Anda menggunakan plugin, semakin banyak sumber daya yang Anda butuhkan. Hal ini tentunya akan mempengaruhi performa website. Oleh karena itu, gunakan plugin secara optimal, cukup gunakan satu plugin dengan fungsi yang sama atau Anda bisa melakukan instalasi satu plugin dengan banyak fungsi.

Apabila saat ini Anda sudah menggunakan banyak plugin dan bingung plugin mana saja yang akan di uninstal, maka gunakanlah Plugin Performance Profiler. Sehingga nantinya Anda akan mengetahui plugin mana saja yang tetap Anda gunakan atau bahkan Anda ganti.

5. Menggunakan CDN (Content Delivery Network)
CDN akan membantu website Anda lebih cepat diakses dari lokasi manapun. Jika pada umumnya lokasi server mempengaruhi kecepatan akses, CDN akan membuat website Anda cepat diakses dari lokasi manapun. Jaringan CDN terdapat di seluruh dunia dan menyimpan file statis website Anda. Dimanapun lokasi server Anda, pengunjung website akan mendapatkan informasi dari CDN terdekat sehingga website menjadi lebih cepat diakses.

Sebagai contoh, lokasi server Anda di Amerika Serikat dan pengunjung website berada di Indonesia. Para pengunjung akan mendapatkan informasi dari CDN terdekat, bukan langsung dari server Anda di Amerika Serikat.

6. Memilih Tema yang Ringan, Cepat, dan Asli
Saat memilih tema untuk WordPress, jangan hanya lihat dari tampilan saja. Anda sebaiknya memilih tema yang tidak terlalu berat, sehingga ketika diakses tidak memperberat load website Anda. Sangat disayangkan apabila pengunjung website Anda belum sempat mendapat informsi penting website dikarenakan tema Anda yang terlalu berat. Selain itu, sebaiknya Anda menggunakan tema WordPress premium yang mendukung SEO agar lebih disenangi mesin pencari dan lebih diutamakan oleh Google.

7. Melakukan Optimasi Database
Berbagai aktivitas di website WordPress Anda akan menambah kerja dan database semakin berat. Website WordPres Anda tentunya semakin hari semakin berkembang Komentar SPAM, tags yang tidak digunakan, bahkan revisi yang terlalu banyak akan memperberat database yang mengakibatkan website semakin lemot. Untuk membersihkannya, Anda dapat menggunakan plugin WP-Optimize yang sudah tersedia di WordPress Anda. Cukup lakukan instal dan aktifkan dan Anda dapat mengontrol secara penuh website WordPress Anda.

8. Jangan Langsung Upload Video di WordPress Anda, Gunakan Embed URL
Apabila Anda akan menyisipkan video dalam post atau website, sebaiknya Anda jangan langsung upload. Anda dapat menggunakan fasilitas embed video dari Youtube cantumkan pada editor WordPress. Nantinya video ini akan ditampilkan secara otomatis saat publish.

Apabila Anda menambahkan video langsung pada website, ini hanya akan membebani kinerja website serta menghabiskan bandwidth hosting Anda, sekalipun Anda menggunakan hosting unlimited. Optimasi ini cukup efektif meningkatkan kecepatan website Anda, terutama jika Anda banyak menampilkan konten video.

9. Aktifkan Kompresi Gzip
Ketika Anda menggunakan kompresi Gzip loading website WordPress Anda menjadi semakin cepat. Kompresi gzip berfungsi untuk memperkecil ukuran file website CSS, HTML, javascript, json, xml maupun font. Selain mempercepat loading website, sumber daya server dan bandwidth hosting Anda akan menjadilebih hemat.

Menggunakan cara ini, pengunjung website Anda tentu akan merasa lebih senang karena tidak perlu menunggu lama untuk mengakses website. Cara mengaktifkan kompresi Gzip bisa Anda lakukan secara manual melalui cPanel. Login cPanel hosting Anda, kemudian salin copy kode berikut dan paste pada .htacess Anda.

<IfModule mod_filter.c> <IfModule mod_deflate.c> AddOutputFilterByType DEFLATE "application/atom+xml" \ "application/javascript" \ "application/json" \ "application/ld+json" \ "application/manifest+json" \ "application/rdf+xml" \ "application/rss+xml" \ "application/schema+json" \ "application/vnd.geo+json" \ "application/vnd.ms-fontobject" \ "application/x-font-ttf" \ "application/x-javascript" \ "application/x-web-app-manifest+json" \ "application/xhtml+xml" \ "application/xml" \ "font/eot" \ "font/opentype" \ "image/bmp" \ "image/svg+xml" \ "image/vnd.microsoft.icon" \ "image/x-icon" \ "text/cache-manifest" \ "text/css" \ "text/html" \ "text/javascript" \ "text/plain" \ "text/vcard" \ "text/vnd.rim.location.xloc" \ "text/vtt" \ "text/x-component" \ "text/x-cross-domain-policy" \ "text/xml" </IfModule> </IfModule>

10. Disable Hotlink di Website Anda
Meskipun disable hotlink tidak langsung berimbas pada kecepatan loading website, ini adalah salah satu optimasi kecepatan yang dapat Anda lakukan sendiri. Singkatnya, Anda hanya perlu memastikan hotlinking Anda nonaktif.

Ketika ada beberapa website yang menggunakan gambar Anda, dan gambar ini diakses pengguna, secara tidak langsung, website-website tersebut akan ‘mencuri’ bandwidth server Anda. Untuk menghindari hal ini, Anda dapat menonaktifkan hotlinking dengan mudah.

Upload file berikut ke .htaccess Anda. Ganti nama domain sesuai nama domain Anda sendiri.RewriteEngine on RewriteCond %{HTTP_REFERER} !^$ RewriteCond %{HTTP_REFERER} !^http(s)?://(www.)?niagahoster.co.id [NC] RewriteRule .(jpg|jpeg|png|gif)$ – [NC,F,L] 

11. Minify CSS, Javascript, dan HTML
Pastikan file-file Anda tidak memberatkan akses website Anda. Pastikan file-file website Anda tidak memperberat load website. Lakukan minify file-file CSS, Javascript, dan HTML di website Anda dengan bantuan beberapa plugin seperti WordPress Minify dan W3 Total Cache. Menggunakan plugin berikut membuat Anda tidak perlu melakukan minify secara manual.

12. Memperbaiki Broken Link atau Link yang Rusak
Broken link akan mengakibatkan suatu halaman tidak dapat diakses dan menampilkan pesan Error 404. Siapapun yang mengakses website dan menginginkan suatu informasi pasti akan kecewa dan akan langsung keluar dari website Anda. Banyaknya kunjungan halaman yang rusak akan mempengaruhi citra Anda di mesin pencari maupun pengunjung website Anda. Karenanya, pastikan setiap halaman website dapat diakses dengan baik.

Anda pun tidak perlu repot-repot melakukannya secara manual. Menggunakan Google Webmaster Tools, Anda hanya perlu register dan melakukan pengecekan. Alhasil, semua broken link akan terdeteksi.

13. Membatasi Jumlah Konten Per Halaman
Tampilkan konten andalan Anda pada halaman utama. Akan tetapi, sebaiknya Anda tidak serta-merta meletakkan semua konten yang ada di sana. Waktu load website akan berkurang secara signifikan dengan membatasi jumlah tampilan postingan di setiap halamannya. Sebanyak 5 hingga 7 postingan tentu akan lebih meringankan dibandingkan 10-15 postingan di setiap halaman. Perhatikan hal ini dengan seksama dan website Anda dapat tampil lebih cepat.

14. Disable Fungsi Trackback dan Pingback
Trackback dan pingback dapat membuat website WordPress semakin cepat terindeks mesin pencari. Akan tetapi, fitur ini seringkali dimanfaatkan oleh para spammer untuk mendapatkan backlink otomatis. Spam yang dikirimkan lambat laun akan menjadi sampah di database WordPress Anda. Hal ini, tentu saja, dapat menyebabkan loading website menjadi lebih lambat. Untuk menonaktifkan, silakan gunakan plugin bernama Disable XML-RPC Pingback.

Sebagai alternatif, Anda juga dapat melakukannya secara manual melalui Dashboard WordPress Anda > Settings > Discussion > Hilangkan centang pada opsi allow link notifications…

15. Memilih Layanan Hosting yang Tepat
Jenis layanan yang tepat merupakan salah satu kunci utama cara mempercepat loading website WordPress. Jika kunjungan website Anda tinggi dan memerlukan resource lebih, tentu Anda memerlukan lebih dari sekedar shared hosting. Untuk hal ini Anda dapat menggunakan layanan VPS, misalnya. Sebaliknya, jika Anda memiliki kebutuhan server biasa saja, Anda dapat menggunakan shared hosting.

Penggunaan jenis layanan yang tidak tepat akan membuat website Anda bekerja kurang efektif. Bayangkan seperti ini: Anda memiliki ruangan sempit dan dikunjungi oleh 100 orang secara bersamaan. Tentu tidak akan memadai, bukan? Apabila Anda masih ragu layanan apa yang tepat, silakan konsultasikan dengan penyedia layanan hosting Anda.

16. Membatasi Revisi Setiap Postingan
Membatasi revisi postingan memang tidak serta-merta menambah kecepatan website. Akan tetapi, hal ini dapat meringankan database WordPress Anda. Revisi postingan yang menumpuk akan berimbas pada menumpuknya sampah dalam database Anda. Batasi revisi dalam setiap postingan dengan cara menambahkan kode berikut di wp-config Andadefine( 'WP_POST_REVISIONS', 5 );

Isikan angka sesuai jumlah revisi yang Anda inginkan.

17. Meletakkan CSS pada Header dan JS di Footer
Javascript merupakan client side progamming. File tersebut dijalankan dari sisi web browser klien bukan dari sisi webserver Anda. Karenanya, letakkan file-file JS footer di bagian bawah/footer agar webserver dapat memuat halaman terlebih dahulu hingga selesai dan kemudian dari sisi klien mengeksekusi file js. Dengan menempatkan load sccript yang sesuai, website Anda lebih cepat diakses.

18. Turunkan Query Database
Request database WordPress ke server sangat berpengaruh terhadap kecepatan website. Anda sebaiknya mengurangi penggunaan tabel database dengan query tinggi. Apabila Anda tidak mengetahui tabel database mana saja yang memberatkan server, silakan gunakan plugin Query Monitor. Plugin ini akan membantu Anda melakukan pengecekan database. Informasi query database yang membebani performa server maupun query yang lambat bisa Anda lihat menggunakan plugin ini dengan mudah.

19. Minimalkan Redirect
Anda tentu ingin informasi pada website diterima dengan lengkap oleh para pengunjung. Meskipun demikian, terkadang ada informasi yang harus diarahkan ke website lainnya menggunakan URL berbeda. Hal ini tidak salah, hanya saja adanya redirect dapat menimbulkan permintaan load HTTP berlebih yang berpeluang memperlambat load website Anda.

Pada intinya, Anda perlu menyederhanakan alur redirect website Anda. Anda dapat mengurangi link ke halaman lain di luar website Anda. Sebagai contoh, misalnya saja memiliki dua halaman: Halaman 1 dan Halaman 2, dan ingin sama-sama Anda arahkan ke Halaman 3. Dalam kasus ini sebaiknya Anda mengarahkan Halaman 1 langsung ke Halaman 3 tanpa harus melalui ke Halaman 2 terlebih dahulu.

20. Mengaktifkan HTTP Keep-Alive
HTTP Keep-Alive merupakan sebuah metode untuk mempercepat loading website dengan cara mempertahakan agar ketik website Anda diakses, request file ke server tidak berulang. Anda dapat mengaktifkannya dengan mudah melalui .htaccess. Salin kode berikut ini untuk memulai.<IfModule mod_headers.c> Header set Connection keep-alive </IfModule>

21. Menghapus Query String dari Sumber Statis
Cara mempercepat website website WordPress terakhir yang dibahas dalam artikel ini adalah menghapus query string dari sumber statis. Menghilangkan query statis seperti style-sheet dan Javascript akan mempengaruhi kecepatan website Anda karena penghapusan cache tidak dapat dilakukan.

Menghapus cache tidak dapat dilakukan pada link yang berisi tanda baca “?”. Silakan gunakan query string hanya pada sumber dinamis.
Anda tidak perlu bingung, plugin Remove Query String From Static Resource akan membantu Anda

Cara mempercepat loading website WordPress di atas dapat Anda coba terapkan pada website dengan mudah. Kecepatan memang hal penting, namun bukan satu-satunya hal yang harus diperhatikan. Anda juga harus memperhatikan hal lain seperti bagaimana membuat website menarik secara visual, konten website yang bermanfaat dan juga keamanan website WordPress secara keseluruhan.