Click "view web version" (smartphone)

Pages

Sistem Operasi Windows

Tutorial dan tips trik sistem operasi Windows.

Sistem Operasi Linux

Tutorial dan tips trik sistem operasi Linux.

Seputar Youtube

Tutorial dan tips trik seputar Youtube.

Sistem Operasi Android

Tutorial dan tips trik sistem operasi Android.

Seputar Multimedia

Tutorial dan tips trik seputar Multimedia.

Monday 16 November 2020

Cara Membuat Radio Siaran Online dengan Notebook Laptop

SpAcer, adakah yang memiliki cita-cita menjadi seorang penyiar radio tapi belum terwujud karena suatu alasan? Jangan sedih, spAcer kini bisa jadi penyiar tanpa harus belajar broadcasting! Yap, siapapun kini bisa memiliki radio sendiri secara online. Serunya lagi, stasiun radio online-mu bisa diakses di mana saja dibandingkan dengan radio FM kebanyakan yang dapat didengar berdasarkan frekuensinya. 

Untuk mewujudkannya, spAcer hanya cukup memanfaatkan situs Caster.fm dan software SAM Broadcaster. Nggak perlu repot-repot harus mendirikan tower pemancar dan studio khusus dengan peralatan lengkap, spAcer hanya butuh koneksi internet, notebook/PC, software SAM Broadcaster dan microphone. 

Tertarik untuk membuat radiomu sendiri, spAcer? Ini dia panduan step by step setting SAM Broadcaster dan login Caster.fm untuk keperluan streaming radio-mu. 

Daftar di Caster.fm 
Caster.fm adalah situs untuk membuat server radio kamu, spAcer. Dari server tersebut, nantinya suara spAcer bisa mengudara. Berikut beberapa tahapan untuk bisa membuat radio onlive versimu sendiri melalui caster.fm. 

1. Kunjungi caster.fm. 

2. SpAcer akan dihadapkan pada dua pilihan, yaitu Free Plan dan Pro Plan. Pilih Free Plan untuk menikmati layanan ini secara gratis. 

3. Pilih Register. Silahkan registrasi terlebih dahulu dengan mengisi mulai dari username, email adress, password dan sebagainya. Setelah semua diisi dengan lengkap, segera sign-up. 

4. Cek inbox email-mu untuk melakukan konfirmasi. Lalu klik link yang diberikan dalam email tersebut. 

5. Login kembali dengan username dan password yang sudah diisi sebelumnya. 

6. Setelah login sukses, spAcer tinggal men-setting radio streaming-mu. Pada bagian Radio Details dalam Costumize Your Website & Radio, isilah nama radio, deskripsi hingga kategorinya sesuka hatimu. Lalu save. 

7. Kembali ke halaman utama, klik Start Server. Copy semua data yang ada, mulai dari Server IP, Mount, Username dan sebagainya ke Notepad untuk keperluan di bagian Setting. 

8. Pembuatan akun caster.fm selesai. 

Install SAM Broadcasting 
SAM Broadcaster adalah sebuah software audio streaming yang memang banyak digunakan untuk siaran radio online. Dengan fitu-fitur yang mudah dan lengkap, software ini juga menjadi favorit banyak penyiar radio streaming. Pastikan spAcer sudah download dan install SAM Broadcasting di dalam PC/Notebook-mu, ya. Kemudian jalankan software tersebut dengan melakukan login terlebih dahulu. 

Membuat Encoder 
1. Setelah berhasil masuk ke dashboard SAM Broadcasting, buka tab Windows yang berada di bagian atas lalu klik 

2. Klik icon (+) > MP3 [LAME_ENC] > OK. Setelah berhasil, lanjutkan men-setting radiomu agar bisa segera mengudara. 

3. Pada menubar Converter > Setting. Lalu isi settingan Bitrate, Mode dan Sampling rate sesuai keinginanmu. Sebagai informasi, bitrate merupakan ukuran audio yang akan di-upload. Bisa 62 atau 32 kbps. Sementara Mode adalah memilih stereo atau mono, dan Sampling Rate adalah ukuran cuplikan. 

4. Beralih ke menubar Server Detail > IceCast > IceCast 2. Isi pula kolom-kolom Server IP, Server Port, Password dan Mount dengan data-data yang tadi sudah di-copy dari caster.fm. Pada kolom Station name dan Station Description, silahkan diisi sesuka spAcer. Terakhir, isi Website URL dengan URL radio streaming saat mendaftar di Caster.fm. Klik OK untuk terhubung dengan server. 

5. Encoder sukses dan SAM Broadcaster siap digunakan! Jika belum bisa connect, klik ikon “play” pada jendela Encoders yang bergambar seperti segitiga. 

Membuat playlist 
1. Kembali ke dashboard awal SAM Broadcaster. Pada jendela Quene > icon “+” > Add Directory. 

2. Pilih folder koleksi musikmu. Gunakan icon + dan pilih Add File untuk memasukkan lagu-lagu yang ingin kamu putar dalam radio online. 

3. playlist-mu sudah jadi. 

Memasukkan suara: 
1. Klik tab Windows > Voice FX. 

2. Gunakan mic untuk merekam suaramu. Jika tidak memiliki mic, spAcer bisa memakai headset yang ada mic-nya. 

Setelah semua sudah diset dengan benar, spAcer siap untuk cuap-cuap di radio online-mu.

Saturday 7 November 2020

Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger

Untuk menghindari permasalahan iklan AdSense tidak muncul di blog dan juga memperbaiki notifikasi error ads.txt di akun AdSense, sobat perlu mengaktifkan fitur ads.txt kustom di blogger.

Caranya silakan ikut langkah-langkah di bawah ini :
Login ke “Blogger” > “Setelan” > “Monetisasi”
Aktifkan ads.txt kustom
Pada bagian “ads.txt kustom” isi dengan kode ads.txt berikut:

google.com, pub-0000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0
Ganti yang berwarna merah dengan ID Akun AdSense milik sobat
ID Akun AdSense bisa dilihat pada URL dashboard AdSense.


Jangan lupa klik “Simpan“
Setelah memasang/mengaktifkan file Ads.txt biasanya iklan AdSensenya menjadi blank/tidak muncul. Silakan ditunggu saja sekitar 1x24jam sampai iklannya muncul kembali.

Selain itu notifikasi peringatan ads.txt di akun AdSense tidak akan langsung hilang, silakan tunggu saja sekitar 1x24jam sampai notifikasi tersebut hilang.

13 Teknik Mempromosikan Konten Blog untuk Mendapatkan Ledakan Pengunjung

Supaya konten baru atau blog baru anda bisa mendapatkan pengunjung, anda harus menghabiskan waktu 4x lipat lebih banyak daripada pembuatan konten.
Artinya kalau saya membuat 1 artikel dalam 2 hari, maka sisanya dalam seminggu adalah untuk promosi.
Karena ketika anda menekan tombol ‘publish’, di hari yang sama ada jutaan artikel lain yang juga diterbitkan.

Artikel anda hanya seekor ikan di samudra yang luas.
Kalau seperti itu, lantas bagaimana bisa sebuah blog baru — yang belum dikenal — bisa mendapatkan perhatian dari orang banyak?

Jawabannya: promosi konten.
Hati-hati: Kesalahan besar dalam promosi konten
Promosi dalam dunia online identik dengan hal negatif.
Kalau anda pecinta internet seperti saya, pasti paham maksudnya. Orang-orang yang di internet tidak suka dengan yang namanya promosi dan iklan.
Apalagi spam.
Karena itu kalau anda tidak ingin jadi sosok yang dibenci, ikuti aturan main ini.

Pertama:
Kita TIDAK mempromosikan blog…yang kita promosikan adalah konten.
Paham maksudnya?
Artinya setiap kali anda menaruh link di berbagai tempat, bawa langsung ke konten yang ingin anda promosikan. Bukan ke homepage.
Dengan begitu orang lain tidak akan bingung.

Kedua:
Konten anda harus yang terbaik.
Bukan konten yang hanya copy paste, ganti kata, tulis ulang. Konten anda harus punya ide-ide baru di dalamnya, dan yang terpenting: harus membantu orang lain menyelesaikan masalah.

Orang-orang sering bilang “konten berkualitas”, “konten adalah raja”, tapi kenyataannya sebagian besar dari para pembuat konten tidak peduli dengan kontennya sendiri.

Ada yang membuat konten hanya dalam hitungan menit.
Ada juga pemilik blog baru yang kejar-kejaran membuat 5-10 konten dalam sehari.

Ingat ini:
Anda tidak perlu menerbitkan banyak konten sehari.
Banyak blog besar yang hanya menerbitkan 1 artikel per bulan.
Karena pada akhirnya untuk website yang mengandalkan konten (seperti blog), faktor penentu kesuksesannya adalah kualitas artikel…
..bukan jumlah artikel.

Ketiga:

Jangan gunakan tool otomatisasi…
…minimal sampai anda sudah punya audience sendiri.
Bicaralah kepada orang yang ingin anda promosikan sebagai manusia, bukan robot. Lakukan promosi secara manual.
Semua yang serba otomatis biasanya menjurus kepada spam.
Tidak ada orang yang suka dengan spam.
Setelah mengetahui ketiga hal tersebut, sekarang mari kita mulai ke langkah pertama.

1. Menyiapkan ‘umpan’ sebelum konten diterbitkan
Faktanya, tidak semua jenis konten akan bisa populer.
Meskipun sudah dipromosikan dengan benar.
Maka dari itu mindset ‘promosi konten’ sudah harus anda pegang sejak sebelum konten diterbitkan…bahkan sebelum dibuat.
Untuk itu, perhatikan 2 hal:
Pemilihan topik dan isinya.
Topik dari konten anda harus bersifat urgent atau mendesak. Topik yang membuat orang lain merasa bahwa mereka harus baca saat ini juga.
Lebih bagus lagi topik yang bisa membuat mereka berpikir “teman-teman saya harus baca ini juga!”.

Sedangkan untuk isinya, sebaiknya:
Kredibel – ada data/fakta dari sumber terpercaya
Praktis – bisa langsung dilakukan oleh pembaca
Emosional – memancing emosi positif/negatif

Ketiga hal ini selalu saya terapkan di blog PanduanIM.
Kalau anda pernah membaca beberapa konten di blog ini (termasuk yang sedang anda baca), anda akan sadar bahwa saya sering menggunakan data seperti grafik atau persentase.

Tujuannya supaya terlihat kredibel.


Ada juga konten yang dibuat agar isinya praktis…(lihat judulnya)
Dan konten yang isinya bertentangan dengan apa yang sudah sering dipelajari oleh pembaca. Sehingga meskipun banyak yang setuju, banyak juga yang tidak setuju:


Sehingga pada akhirnya, ketika konten-konten ini saya promosikan…pengunjung akan langsung meningkat secara drastis.


2. Buat email list dan kirimkan setiap kali ada konten baru
Dengan membangun email list, usaha promosi konten anda jadi berkali-kali lipat lebih mudah.
Bayangkan:
Anda mendapatkan 1000 pengunjung dari berbagai tempat.

Tanpa email list berarti 1000 orang tersebut akan pergi. Sehingga lain kali anda mempromosikan konten berarti anda harus mencari mereka lagi.
Tapi kalau anda sambil membangun email list, jadi seperti ini:
Ada 1000 orang yang datang, beberapa di antaranya menjadi subscriber.

Maka lain kali ketika anda menerbitkan konten sebagian dari subscriber anda akan langsung sadar. Artinya kali ini mendatangkan pengunjung jadi lebih mudah.

Demikian berulang-ulang setiap hari.
Sehingga dengan membuat email list sendiri berarti anda sudah punya sumber traffic yang selalu siap menerima konten baru anda.
Lebih enak kan?

3. Dapatkan follower dan post konten ke social media
Ada salah paham yang fatal mengenai penggunaan social media.
Saya yakin kalau anda sudah pernah baca artikel mengenai promosi blog, pasti pernah membaca yang menyarankan untuk post ke social media setiap kali ada konten baru.

Ini salah…salah besar.
Begini maksud saya:
Sebagai pemula biasanya kita hanya punya 100-1000 follower di Twitter/Facebook.

Apa yang terjadi ketika kita post ke sana?
Paling-paling hanya 1-2 orang yang re-Tweet/Like… ya kan? Setelah itu? Selesai. Tidak terjadi apa-apa lagi.

Artinya percuma anda ngepost ke social media berkali-kali.
Prinsipnya sama saja dengan list building di atas, tetapi medianya yang berbeda. Tadi dengan email, sekarang dengan social media.

Caranya dengan memasang tombol/link/widget untuk mempermudah pengunjung menuju akun social anda. Seperti ini:

Ada 2 hal yang harus anda perhatikan dalam menggunakan social media:
Pertama, jangan pernah beli follower/like.
Kedua, jangan hanya share link dari website anda sendiri saja.

Ikuti tips ini ketika posting di social media:
Jangan gunakan judul artikel sebagai isi dari tweet atau status anda. Jelaskan isi konten dengan singkat, tapi menarik.
Gunakan 3 konteks yang berbeda kalau anda menjadwalkan 3 update.
Prinsip rasio 2:1:1, 2 kali share konten orang lain , 1 kali share konten milik sendiri, 1 kali update tanpa link.
Penggunaan gambar terbukti meningkatkan jumlah klik pada social media.

4. Sebutkan blogger lain di konten, lalu beritahu mereka
Namanya manusia…pasti suka kalau mendengar sesuatu yang positif tentang mereka dari orang lain.
Sifat manusia yang satu ini bisa kita manfaatkan.

Misalnya begini:
Saya membuat artikel dengan topik “menurunkan berat badan”, dalam artikel ini saya merekomendasikan blogger lain dalam bentuk link sebagai tambahan bacaan yang bagus.

Setelah itu saya memberitahu blogger tersebut via email.
Maka kemungkinan besar mereka akan balik merekomendasikan artikel anda…
..dalam bentuk link juga atau share di social media.
Salah satu contohnya artikel ini:

Sampai saat ini artikel tersebut sudah mendapatkan lebih dari 1400 kali share.
Setelah artikel ini diterbitkan, saya menghubungi orang-orang yang disebutkan di dalamnya…kemudian minta mereka untuk share.

Ini responnya:

Pada kondisi normal, kalau anda langsung hanya minta bantuan kepada mereka untuk share maka kemungkinan besar mereka akan menolak.
Tapi dalam kasus ini karena kita yang lebih dulu menyebutkan mereka dalam artikel, sebagian besar mau membantu.
Maka dari itu, di konten anda usahakan selalu memasang link ke blogger lain.

5. Gabung ke Facebook Group yang bersih
Karena banyaknya orang Indonesia yang aktif dalam Facebook Groups, komunitas ini bisa menjadi salah satu tempat promosi terbaik.
Sebelum bergabung, ingat 2 hal ini.

Pertama, jangan promosi ke grup yang tidak ada kaitannya dengan topik blog dan konten anda.
Kalau konten anda tentang diet, gabunglah ke grup diet.
Kalau konten anda tentang bisnis, gabunglah ke grup bisnis.
(Percaya tidak percaya, banyak juga yang promosi di grup yang tidak nyambung)

Kedua, jangan promosi ke grup yang isinya sebagian besar spam link website. Post anda tidak akan terlihat di News Feed para anggotanya.
Pastikan grup yang anda pilih aktif berisi komentar dan like…
..bukan hanya spam.

Ada pun juga tidak boleh melakukan spam.

Berikut ini adalah tips lain promosi di Facebook supaya anda tidak ditendang dari grup:
Rasio promosi 4:1, 4 kali membantu orang lain, 1 kali promosi.
Promosikan link yang benar-benar membantu anggota grup menyelesaikan persoalan.
Ikuti aturan grup. Kalau anda tidak diperbolehkan memposting link, jangan.
Tidak harus membuat post baru untuk promosi. Tempat komentar juga bisa.
Jangan bergabung hanya untuk promosi. Hal utama yang harus anda lakukan disini adalah membantu orang lain menjawab pertanyaan dengan sopan.

Jangan sampai justru website anda dianggap spam oleh sistem Facebook.
Kalau sudah begitu maka hampir semua post yang berisi link website anda tidak akan pernah terlihat oleh orang lain.

6. Gabung ke Google+ Communities
Mirip seperti Facebook Groups. Meskipun di Google+ lebih sepi tapi umumnya komunitas disini lebih rapi dan antusias.
Filter spam di Google+ jauh lebih kuat daripada Facebook.
Jadi hati-hati, sekali dicap sebagai spam website anda tidak akan pernah bisa muncul selamanya. Karena tiap post akan masuk ke filter spam.
Tipsnya sama dengan nomor 5.

7. Gabung ke situs forum
Meskipun jumlah forum tidak banyak dan isinya kebanyakan spam, tapi promosi di forum juga bisa mengundang traffic.
Teknik promosi blog di forum mirip dengan di FB dan G+.
Tugas utama anda setelah bergabung di komunitas bukan untuk langsung posting berisi link…Jadi jangan langsung komentar yang berisi link apalagi membuat thread baru.
Sebaliknya, lakukan ini:

Jawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan orang lain.
Forum merupakan tempatnya orang yang ingin berdiskusi dan tanya-jawab. Tidak jarang anda akan menemukan orang yang bertanya tentang topik tertentu.
Apabila konten anda bisa menjawab, beritahukan.
Kalau tidak…jangan.

8. Ubah bentuknya lalu publish di berbagai tempat
Kalau anda punya konten berupa artikel, anda bisa membuat video, PDF, atau infografis dengan isi yang sama persis.
Dari 1 jadi 4 sekaligus.
Begitu pula kalau anda punya konten video, bisa dijadikan artikel juga.
Tidak berhenti sampai di situ…

Kita akan memanfaatkan website-website yang sudah memiliki banyak pembaca. Kemudian konten bentuk lain tersebut kita kirim ke sana.
Di website-website ini sudah ada banyak orang yang siap menyantap konten anda.

Sehingga apabila dalam konten yang diterbitkan di website-website tadi terdapat link menuju website anda, maka anda akan mendapatkan banyak traffic.
Konten di situs seperti YouTube, SlideShare, Kompasiana, dll akan lebih mudah mendapatkan rangking di Google dibandingkan website baru.
Karena itu konten anda juga akan mendapatkan traffic dari mesin pencari.

9. Monitor percakapan dan konten baru yang relevan
Misalnya anda punya konten tentang ‘belajar Bahasa Inggris’.
Ternyata di suatu situs komunitas ada beberapa orang yang bertanya satu sama lain, gimana sih caranya belajar Bahasa Inggris yang efektif?

Ini kesempatan untuk promosi konten…
Sudah ada orang yang membutuhkan bacaan, kita tinggal datang dan berikan linknya.
Tapi masalahnya, internet itu kan luas. Lalu bagaimana cara kita bisa menemukan kalau ada orang yang membicarakan topik tertentu?

Mudah:
Ada beberapa tool yang bisa kita gunakan untuk memonitor.
Google Alerts
Fresh Web Explorer
Mention

10. Tulis komentar yang cerdas dan bermanfaat di blog lain
Saya termasuk orang yang ketat kalau melakukan moderasi komentar blog.
Di blog ini saja, kurang dari 10% komentar masuk yang saya terbitkan. Belum termasuk yang otomatis terjaring filter spam Akismet.

Komentar blog itu bermanfaat:
Mendapat pengunjung langsung (meskipun tidak banyak)
Jadi dikenal oleh si pemilik blog (kalau komentarnya luar biasa)
Tapi konyolnya banyak orang yang melakukan spam…

11. Guest blogging di blog yang populer
Setiap kali ada yang bertanya cara mendapatkan traffic, saya selalu bilang begini:
Masuk ke tempat yang sudah banyak trafficnya.
Wajar kan…untuk blog baru yang masih sepi, walaupun anda menerbitkan 100 artikel per hari — tanpa melangkah keluar — tetap saja akan sepi.
Maka dari itu situs komunitas jadi salah satu solusi paling efektif.
Guest blogging di blog yang populer.
Dengan begitu pembaca dari blog tersebut akan langsung mengenal anda dan langsung menuju website anda sendiri.

Dalam hitungan hari saja artikel tersebut langsung masuk ke halaman pertama untuk kata kunci yang saya inginkan.
Bagi ada yang punya blog baru, lakukan guest blogging di situs populer. Hasilnya tidak akan mengecewakan kalau dilakukan dengan benar.

Beberapa tips untuk melakukan guest blogging:
Lakukan guest blogging hanya di website yang pemiliknya masih aktif
Pastikan pembaca di blognya juga aktif berkomentar yang bukan sekedar berterima kasih (seperti contoh di atas)
Jangan melakukan guest blogging kalau di website tersebut kebanyakan guest blog
Topik blog harus sama dengan milik anda

11. Buat supaya pembaca bisa bantu mempromosikan
Konten tidak akan pernah jadi populer kalau hanya anda seorang diri yang promosi.
Pembaca juga harus aktif.
Jadi sebetulnya tantangan utama anda bukan “bagaimana mempromosikan”, tetapi “bagaimana supaya pembaca juga mau mempromosikan”.

Gunakan 6 elemen pemicu popularitas
Gunakan gambar yang menarik
Buat artikel panjang (> 2500 kata)
Sediakan tombol share
Minta mereka untuk share

Mari kita bahas lebih lanjut.
Ada korelasi yang kuat antara panjang artikel dengan jumlah share.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan BuzzSumo terhadap 1 juta artikel, semakin panjang artikelnya maka rata-rata share-nya makin tinggi:
Jadi lain kali anda membuat artikel, jangan puas dengan yang pendek.
Usahakan membuat artikel panjang.

Selain itu yang juga harus anda perhatikan adalah penempatan tombol share. Terdengar sepele tapi sebenarnya sangat berpengaruh.

Ada 3 tempat tombol share yang efektif:
Di awal konten
Di akhir konten
Di samping konten (ikut turun ketika di-scroll)

Tombol share yang ikut turun ketika di-scroll biasanya memberikan jumlah klik terbanyak.
Bentuk ini memberikan jumlah share terbanyak (di PanduanIM). Pengguna WordPress bisa membuat yang seperti ini menggunakan plugin bernama ClickToTweet.

Terakhir, minta langsung kepada pembaca anda untuk share.
Sudah terbukti bahwa kalau kita meminta mereka untuk share, maka jumlahnya akan meningkat jauh dibandingkan kalau tidak sama sekali.

Karena itu di salah satu halaman PanduanIM saya juga meminta untuk share:
Hasilnya cukup memuaskan:

12. Bangun tribe dan promosi silang dengan pemilik website lain
Apapun yang dilakukan bersama-sama biasanya mendatangkan hasil yang lebih baik daripada seorang diri.
Jadi daripada bekerja seorang diri, bagaimana kalau kita bekerja sama dengan blogger lain?
Mereka ingin populer…kita juga ingin.
Kedua pihak sama-sama diuntungkan.
Teknik ini akan lebih efektif kalau anda sudah punya audience. Misalnya berupa follower atau email list.

Tahapan untuk mulainya seperti ini:
Temukan 2-5 blogger dalam topik yang sama dan “level”-nya sama
Tulis komentar di blognya (seperti contoh 3 dalam teknik no. 10 di atas)
Tunggu sampai komentar anda dibalas
Kirimkan email, ajak untuk kerjasama

Kerjasama yang anda lakukan bisa dalam bentuk saling memasang backlink dalam konten, saling Tweet, email ke subscriber, dsb.
Ini biasa disebut dengan istilah Tribe.
Tapi hati-hati, jangan sampai mengganggu follower/subscriber anda sendiri.

13. Hubungi mereka yang sudah pernah share konten sejenis
Logikanya:
Kalau seseorang sudah pernah share konten dalam suatu topik, mereka akan cenderung lebih menerima kalau kita tawarkan konten yang sejenis.
Pertama-tama, cari konten yang sejenis dengan konten anda.
Biasanya dalam proses riset saat membuat artikel kita sudah menemukan banyak artikel yang sejenis. Simpan link-link artikel tersebut.

Robots.txt Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, dan Perbedaan Dengan SEO

Banyak dari beberapa pengguna jasa artikel online yang masih bingung untuk membedakan keterkaitan antara SEO dan robots.txt itu sendiri. Sebagian orang bahkan menganggap keduanya merupakan hal yang sama dan memiliki fungsi yang serupa.

SEO merupakan komponen paling penting dasar dalam membuat sebuah konten artikel media pada laman online. Ia memastikan agar artikel tersebut dapat diakses dengan mudah dan memberikan sebuah panduan atau gambaran yang jelas. Mengenai bagaimana struktur sebuah artikel yang baik dan benar. Memahami apa itu SEO merupakan sebuah kemudahan yang diberikan secara percuma untuk setiap website agar artikel tersebut ditemukan atau diakses secara cepat oleh masyarakat. Kaidah serta panduan-panduan yang diberikan oleh sebuah webmaster memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Robots.txt mungkin tidak akan lepas dari prinsip SEO itu sendiri. Itu menjadi bagian penting yang perlu anda pahami sebelum benar-benar terjun di dalamnya.

Perbedaan SEO dan Robots.txt
Dilihat dari pengertian SEO dan robots.txt itu sendiri nyaris sepenuhnya berbeda. SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization atau Optimizer. Ia merupakan sebuah proses yang memiliki fungsi sebagai salah satu faktor terpenting dalam meningkatkan kemungkinan keterlihatan atau visibilitas situs web yang anda kelola. Secara garis besarnya, jika website yang anda kelola memiliki keinginan untuk tampil sebagai salah satu ulasan yang berada di bagian paling depan di google. Maka anda perlu mengoptimalkan SEO artikel yang akan anda terbitkan di laman online yang anda miliki.

Sedangkan robots.txt merupakan sekumpulan kode berbentuk text yang berfungsi sebagai pengatur intruksi pada bot search engine. Hal itu bisa digunakan untuk berinteraksi dengan website atau blog yang anda kelola. Terlihat jelas bahwa robot.txt erat kaitannya dalam menunjang SEO dari sebuah website. Yaitu dengan menyediakan layanan pengaturan isi dari fisibilitas konten website.

Garis Besar Fungsi Robots.txt
Mengingat pentingnya fungsi dari SEO sebagai penunjang ramai tidaknya sebuah website. Maka memaksimalkan masing-masing komponen SEO akan sangat membantu website dalam bertahan. Dia akan menjadi sebagai salah satu website yang paling banyak dikunjungi pelanggan serta nomor satu yang akan ditemukan oleh pelanggan.

Tanpa SEO atau robots.txt sebenarnya website tersebut telah mampu diakses oleh semua orang. Akan tetapi, fungsinya hanya akan terlihat ketika anda mengetikkan keseluruhan detail dari website tersebut lebih banyak daripada yang anda inginkan. Ribet dan sedikit menyusahkan. Tidak optimalnya penggunaan SEO menghasilkan kurangnya nilai jual atau strategi marketing. Hal itu yang terancam lemah untuk memasarkan suatu produk karna tidak memiliki banyak peminat seperti yang anda harapkan.

Apa itu robots.txt?
Secara pengertian, anda bisa menyebutnya sebagai rangkaian file berbentuk text yang berisi intruksi untuk mem bot saat membuat website yang anda kelola dalam mesin pencarian. Belajar SEO pada awalnya mungkin gampang-gampang susah Apalagi setelah mengetahui dan ingin mencoba memaksimalkan fungsi SEO dengan mengotak-atik robots.txt pada website yang anda miliki.

Pengertian dan pemahaman dasar mengenai robots.txt itu sendiri dapat dijelaskan melalui sebuah perumpamaan mendasar. Jika terdapat bagian dari konten suatu website yang ingin dibagi menjadi beberapa kategori, mulai dari yang hanya bisa diakses oleh admin saja. Atau seluruh orang atau mungkin bahkan mesin pencari hanya dapat merayapi satu page atau keseluruhan. Hal tersebut merupakan tugas utama dari robots.txt untuk mengaturnya. Memperlihatkan dan menutup bagian website sesuai setting yang diberikan oleh setiap web – master.

Daripada menampilkan bagian-bagian website yang tidak berkaitan dengan isi serta tidak sesuai atau justru dianggap mengganggu. Robots.txt memungkinkan pengguna untuk mendapatkan informasi konten yang ia inginkan secara cepat dan terfokus. Frasa “Konten yang anda cari ada disini! tidak perlu ke ruang lain!” merupakan pemandu paling tepat dalam mengoptimalkan sebuah website.

Robots.txt : Pengertian – Fungsi – Cara kerja
Mungkin anda akan bertanya-tanya mengapa membutuhkan robots.txt untuk ‘menutup’ akses pada sebagian konten website yang ada, rasanya seperti tidak berguna. Memahami penggunaan robots.txt itu sendiri yang tidak hanya terpusat pada pengendalian keterbukaan konten. Anda bahkan bisa menggunakan robots.txt untuk menentukan fisibilitas sebuah gambar yang berada di dalam konten artikel yang anda kelola. Contoh mudahnya bila anda memiliki perusahaan tentu tidak semua orang diberikan akses masuk ke seluruh bagian perusahaan tersebut. Robots.txt berperan penting sebagai security yang akan menunjukkan tamu kemana ia harus pergi dalam sebuah perusahaan yang anda kelola.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa fungsi dari robots.txt itu sendiri, antara lain adalah :
Membatasi kegiatan robot bot
Mengontrol kegiatan spider bot
Memblokir halaman konten yang anda kelola
Dapat mengontrol mesin pencari seperti google untuk bagaimana memasuki website yang anda kelola.

Nah, setelah mengetahui fungsi dan pengertian dari robot.txt itu sendiri. Membahas mengenai robots.txt pada laman wordpress sebagai salah satu webmaster yang paling banyak digunakan di Indonesia menjadi lebih mudah, bukan?

Belajar Kode-kode Dasar Robots.txt Pada WordPress
Pengertian robots.txt
Robot.txt pada wordpress dapat diakses dengan mudah bagi pengguna yang membuat website wordpress itu sendiri. Anda hanya perlu pergi ke folder server utama untuk menemukan rangkaian robots.txt pada wordpress yang telah anda buat. Atau dengan mengetik langsung keyword berupa penambahan ‘/robots.text’ setelah atau dibelakang nama website anda.

Contohnya, jika anda memiliki sebuah website dengan nama ‘halo.id’ dan ingin melihat robot.text dari website yang anda buat tersebut, cukup menambahkan akhiran ‘halo.id/robots.text’ maka anda akan otomatis dialihkan ke server folder utama berisi serangkaian robots.txt website tersebut.

Kode sederhna bagi anda yang baru belajar mengenai robot.txt dapat diliat dalam penjelasan di bawah ini :
User-agent: *
Disallow: /wp-admin/
Disallow: /wp-includes/

Awal dari setiap robots.txt untuk wordpress akan diperlihatkan dengan kode seperti yang tertera pada nomor satu. Berisi tulisan ‘user – agent’ dan kemudian diikuti oleh kode dari bot yang akan menunjukkan atau menerapkan pengaturan website tersebut. Tanda bintang dapat diartikan sebagai pengaturan universal, dimana pengaturan dapat diaplikasikan dalam seluruh bot.

Kata ‘disallow’ pada nomor dua dan tiga menunjukkan bahwa bot dilarang untuk ‘crawling’ pada bagian wp – admin dan wp – includes karna memang kedua bagian tersebut biasanya tidak bisa diakses oleh seluruh pengguna yang masuk ke dalam website tertentu. Hanya admin dan beberapa orang yang diberikan ijin untuk mengunjungi atau memasuki bagian website tertentu.

Jika setelah tulisan ‘disallow’ tidak terdapat ini apapun, maka dapat diartikan bahwa seluruh isi konten suatu website dapat diakses dan tidak ada halaman atau konten yang dicekal. Sedangkan tanda ‘/’ setelah tulisan ‘disallow’ menunjukkan bahwa halaman tersebut seluruhnya dicekal dan tidak dapat dikunjungi oleh sembarang orang.
User-agent: *
Allow: /
# Disallowed Sub-Directories
Disallow: /checkout/
Disallow: /images/
Disallow: /forum/

Pada contoh kedua, terdapat kode berupa tulisan ‘allow’ yang artinya bot dapat melihat seluruh isi halaman website tersebut dengan pengecualian pada beberapa bagian yang tertulis di urutan ketiga dan seterusnya. Nah, uraian singkat tersebut diharapkan mampu menambah sedikit pengetahuan anda dalam mengenal robot.txt dan menerapkannya pada websie wordpress yang anda miliki.

Setelah mengenal istilah – istilah dasar atau kode-kode dasar yang digunakan dalam robots.txt wordpress, berikutnya akan dibahas mengenai bagaimana cara atau langkah mensetting robots.txt pada wordpress itu sendiri. Berikut adalah uraian singkat mengenai cara membuat robot.txt dengan plugin di wordpress, antara lain adalah :

1. Menggunakan Yoast SEO
Menurut pengalaman saya yang telah cukup lama berkecimpung dalam dunia tulis menulis SEo, tidak semua pemilik website wordpress memperkenankan admin – nya untuk melihat Yoast SEO dari konten tersebut. Bahkan setelah anda diijinkan untuk mengisi konten pada sebuh website belum tentu anda bisa mengutak – atik susunan Yoast SEO – nya. Hal ini sangat tergantung dari pengaturan robots.txt website itu sendiri.

Yoast SEO merupakan sekumpulan plugin yang berhubungan dengan SEO yang bertujuan untuk mengoptimalkan konten postingan website tersebut agar lebih mudah ditemukan oleh search engine. Pembuatan robot.txt melalui Yoast SEO terkenal lebih mudah karna kesederhanaannya yang gampang dipahami oleh siapapun.

Anda bisa mengutak-atik robot.txt dari website wordpress dengan pergi ke bagian file editor yang berada di opsi tab tools. Petunjuk pemograman robot.txt pada website wordpress dapat dilihat dari gambar-gambar langkah pengeditan di bawah ini :



Anda dapat menulis ulang, menambah atau mengurangi kaidah Yoast SEO yang ditampilkan oleh pengaturan default website wordpress sesuai yang anda inginkan. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa Yoast SEO memiliki pengaturan defaultnya sendiri yang dikhawatirkan akan tumpang tindih dnegan robot.txt yang akan buat jika tidak hati-hati.

2. Menggunakan Plugin All in One SEO Pack
Pengertian robots.txt
Mungkin opsi kedua ini cukup jarang digunakan bagi anda yang baru belajar menggunakan robot.txt dan SEO, akan tetapi perlu menjadi perhatian bahwa plugin yang satu ini menawarkan fitur yang jauh lebih menarik meski mirip dengan Yoast SEO. Anda bisa megaktifkan plugin All in One SEO pack ketika membuka bagian feature manager untuk melihat opsi-opsi yang disediakan.

Anda tinggal memilih opsi mana yang sesuai dengan keinginan anda sebelum memutuskan untuk mengaktifkan opsi tersebut. Menggunakan Plugin yang satu ini jauh lebih mudah jika dibandingkan denganYoast SEO yang seratus persen kodenya ditulis langsung oleh pengguna. One SEO pack memberikan kemudahan dalam memilih tindakan serta perintah yang diinginkan, anda tidak perlu repot-repot menulis ulang ‘allow’ atau ‘disallow’ untuk seluruh perintah yang ingin anda masukkan.

Kelemahan dari plugin yang satu ini mungkin terletak pada perbedaannya dengan Yoast SEO yang jauh lebih sederhana dan langsung bisa mengubah seluruh robot.txt di website wordpress tersebut. Pilihan lain untuk mengaktifkan atau menonaktifkan plugin ini jika anda ingin menulis robot.txt secara manual merupakan salah satu kelebihan lain dari One SEO Pack.

7 Tips Membangun Startup Anda, Simpel dan Efektif

Siapapun yang pernah membangun startup pasti paham sulitnya mencari kesempatan baru untuk mengembangkan startup-nya. 
Kalau Anda sedang menghadapi hal sama, jangan terlanjur berkecil hati. Ada berita bagus untuk Anda. Dengan bantuan riset dan analisis awal, memulai startup dan mengembangkannya jadi hal yang tak terlalu sulit.

Apalagi kalau itu semua dibarengi dengan strategi yang bagus dan detail. Nantinya, Anda siap membangun startup dan mengembangkannya ke level yang lebih besar.

Di artikel ini, Anda akan temukan startup tips. Terutama tips yang berhubungan dengan memulai startup dan mengembangkannya. 

1. Membangun website terbaik
Website adalah jantung startup. Maka, pastikan setiap detail kecil di website tereksekusi sempurna. Hanya dengan cara itulah, image dan reputasi Anda akan tampak baik di mata konsumen.
Dalam membuat website, Anda perlu memastikan semua aspek selaras. Termasuk di dalamnya desain, fitur fungsional, user experience (UX), konten, sampai dengan ekstensi domain yang pas dengan bisnis.

Pemilik bisnis pada umumnya terjebak pada aspek-aspek teknis website. Selain menghabiskan waktu banyak, aspek teknis sering kali tak berhubungan langsung dengan branding dan marketing. 

Pebisnis umumnya lupa dan tak terlalu memperhatikan nama domain yang mereka gunakan. Padahal, nama domain adalah identitas online bagi bisnis. Nama domain yang jelek akan menyiratkan kesan malas dan tak cukup ahli di bidangnya.

Sebetulnya, ada begitu banyak pilihan bagi Anda menciptakan nama domain yang menarik. Hal ini karena ada 1200 pilihan ekstensi domain baru di pasaran. 
Dengan pilihan sebanyak itu, Anda tak lagi setengah-setengah dalam membuat nama bisnis. Tinggal pakai satu domain name yang mewakili bidang industri dan branding yang ingin Anda ciptakan. 

Misalnya saja, jika Anda punya bisnis ecommerce, pakailah ekstensi .store. Ekstensi ini akan menciptakan kesan yang lebih oke. Startup yang Anda kembangkan juga akan nampak berbeda, unik, dan stand out dibanding kompetitor.

Berikut beberapa ekstensi domain yang bisa Anda pakai:
.TECH untuk bisnis di sektor industri teknologi;
.STORE untuk bisnis retail dan ecommerce;
.SITE dan .ONLINE cocok untuk segala jenis bisnis dan punya kesan keren;
.SPACE untuk cafe, creative space, dan co-working space;
.FUN untuk segala macam bisnis yang sifatnya kreatif dan menyenangkan.

2. Pilih niche atau topik yang tepat
Proses membangun startup sangat tergantung pada banyak faktor. Salah satunya pada pilihan niche yang tepat. 
Untuk membangun startup dan mengembangkannya, Anda perlu tahu aspek mana yang perlu lebih dulu fokus digarap. Fokus akan membantu Anda tahu mana kelebihan dan kekurangan bisnis. 

Kemudian, Anda bisa menentukan niche macam apa yang diambil. Langkah ini akan menentukan strategi marketing keseluruhan. Bersama-sama, kedua hal ini penting untuk memastikan pengembangan startup yang konsisten.

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memilih niche yang pas:
Menyebutkan fitur dan penawaran bisnis dari yang paling diprioritaskan;
Menyebutkan fitur yang jadi kebutuhan calon pelanggan;
Melakukan filter dan memutuskan hal mana yang penting untuk mengembangkan startup (jalan tengah antara fitur yang Anda tawarkan dengan kebutuhan pelanggan);
Membuat strategi untuk mencapai target;
Menetapkan timeline untuk kategori penawaran yang berbeda. Jadi, di satu waktu Anda bisa fokus untuk mengembangkan satu fitur khusus.

3. Kembangkan nilai jual produk yang unik
Apa yang membedakan Anda dari kompetitor? Nilai apa yang dicari orang dari Anda? Inilah yang disebut sebagai faktor pembeda atau unique selling points (USP).
Anda perlu setidaknya satu faktor USP untuk meyakinkan pelanggan memilih produk Anda alih-alih kompetitor. Mengembangkan USP akan memudahkan Anda menarik target pasar yang besar. 

Sebab pembuatan USP biasanya merujuk pada masalah atau pain points yang dihadapi pelanggan. Ketika Anda mengembangkan dan memperbesar nilai USP, sekali waktu Anda juga menawarkan solusi untuk mereka.

Hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan nilai jual produk:
  • Fokus bangun dan kembangkan USP;
  • Bedakan diri Anda dari kompetitor;
  • Targetkan audiens dan pasar yang lebih luas;
  • Tawarkan solusi dari kesulitan yang dihadapi konsumen.
4. Terus update dengan tren terbaru
Sebagai pengusaha, belajar adalah hal yang perlu dilakukan terus-menerus. Terutama ketika Anda sedang berusaha membangun startup dan mengembangkannya. 
Karena itu, Anda perlu terus mengikuti tren terbaru industri dan perkembangan bisnis lainnya. Perhatikan kompetitor dari industri yang sama. Belajarlah dari pengalaman, kesuksesan, dan kegagalan mereka.

Lebih lanjut, Anda bisa melakukan beberapa hal ini:
Perhatikan berita terbaru dan tren dari industri Anda;
Perlakukan kompetitor sebagai studi kasus yang bisa dipelajari;
Baca buku dan artikel online yang relevan tentang tren bisnis terbaru.

5. Terus perbarui strategi marketing
Strategi pemasaran yang baik haruslah memiliki proporsi pas antara metode inbound dan outbound. Coba tes campaign Anda dan terus modifikasi serta perbarui strategi pemasaran. Lakukan itu semua berdasarkan apa yang paling efektif dan menghasilkan output terbaik.

Sertakan data analytics sebagai bahan pertimbangan pembuatan keputusan. Hal ini akan memudahkan Anda membuat keputusan dengan hasil yang bisa objektif dan bisa dievaluasi.
Bandingkan data baru dengan data lama. Lalu, lihat mana yang membawa hasil lebih baik. Sering-seringlah lakukan strategi tersebut.

Secara konkret, hal-hal inilah yang perlu Anda lakukan:
Buat strategi marketing yang komprehensif;
Dedikasikan satu bagian rencana Anda untuk inovasi dan mencoba hal baru;
Selalu analisis data dan respons terkait campaign marketing;
Ciptakan terus alternatif strategi baru. Jangan lupa untuk lakukan tes dan perbaikan campaign serta strategi pemasaran.

6. Jalin komunikasi yang baik dengan pelanggan 
Pelanggan pertama sangat penting di masa-masa awal membangun startup. Jika Anda bisa menemukan cara untuk terus berhubungan dengan mereka, itu artinya Anda sudah di jalur yang tepat.
Jika belum, cobalah ajak pelanggan bicara. Dapatkan saran dan masukan tentang bisnis Anda secara langsung. Lebih baik lagi kalau Anda bisa secara halus tawarkan produk dan layanan lainnya.

Pelanggan setia bisa berubah menjadi evangelists atau brand advocates. Mereka akan dengan senang hati mempromosikan bisnis Anda tanpa perlu dibayar. Maka, pastikan Anda memperlakukan pelanggan dengan baik.

Berikut hal yang bisa Anda lakukan untuk memastikan hubungan baik dengan pelanggan:
Sediakan customer support;
Dengarkan saran dan masukan dari pelanggan;
Pertimbangkan saran pelanggan, masukkan beberapa saran ke dalam penawaran baru atau strategi bisnis baru;
Berikan hadiah berupa poin atau loyalty benefits kepada pelanggan yang ikut merekomendasikan produk;
Tampilkan testimoni pelanggan pada website dan media sosial bisnis Anda.

7. Jaga operasional startup tetap ramping
Mulai dengan optimalkan biaya operasional startup Anda. Alih-alih menambah anggota tim, coba bangun sebuah tim solid dengan orang-orang pilihan. Lebih spesifik lagi, orang-orang pilihan yang percaya pada visi dan misi perusahaan Anda.

Hal yang sama juga harus Anda terapkan dari sisi anggaran. Kami tahu, menghamburkan uang untuk menjaring pelanggan dan membiayai usaha marketing adalah hal yang menyenangkan. Namun, cobalah untuk tetap ada pada budget Anda.

Kalau startup Anda sudah berkembang dan lebih mapan, boleh lah Anda sedikit leluasa dalam mengatur pengeluaran. Untuk lebih lengkapnya, beginilah yang bisa Anda lakukan untuk menjaga biaya operasional startup tetap ramping:
Jaga biaya operasional kantor tetap minimum;
Pertahankan tim inti dengan jumlah anggota yang kecil;
Fokus bangun internal startup dibanding habiskan uang untuk membuat campaign;
Patuh pada anggaran.

7 Tips Membangun Brand Startup Anda
Reputasi membangun merek adalah alasan utama untuk memastikan bahwa audiens target Anda membentuk persepsi positif tentang startup Anda. Jadi, jika audiens Anda percaya bahwa produk atau jasa Anda identik dengan kualitas yang hebat, mereka dapat membuat keputusan pembelian instan tanpa berpikir.

Menciptakan Brand yang kuat bukan hanya dengan desain website yang profesional , desain logo, produk dan layanan berkualitas. Semua elemen untuk promosi juga dapat membangun kekuatan brand. Berikut adalah beberapa tips penting untuk mempertimbangkan untuk membangun merek startup yang kuat.

1. Tentukan Tujuan Anda
Pastikan bahwa startup Anda memiliki tujuan dan tidak hanya membuat janji palsu. Anda harus meluncurkan bisnis dan produk atau jasa anda. Ini akan membantu Anda menentukan posisi merek Anda. Jadi, masuk akal untuk menyoroti daerah di mana bisnis Anda berbeda dari pesaing Anda. Misalnya, IKEA adalah produsen furnitur global. Tapi visinya adalah untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik sehari-hari. Visi dan misi fungsinya untuk menarik pelanggan potensial Anda.

2. Pesan Kohesif
Pesan Anda di semua platform harus konsisten sehingga orang percaya dengan Anda. Pesan harus efektif berhubungan dengan merek Anda. Misalnya, jika Anda menambahkan foto ke halaman Facebook Anda, harus tingkatkan kepribadian merek Anda dengan menyoroti pesan Anda.

3. Membangun Emosional
Ingat, pelanggan potensial Anda mengandalkan kekuatan produk untuk membangkitkan emosi. Banyak terjadi pembelian produk atau jasa karena dipengaruhi karena adanya keterikatan emosiaonal. Pemasar menggunakan emotional branding untuk menciptakan komunitas pelanggan setia terhadap merek. Dalam strategi ini , orang dituntun untuk percaya bahwa mereka adalah bagian dari merek. Masukan seluruh pesan yang menarik bagi emosi pengguna Anda. Jangan terus berbicara tentang usaha bisnis Anda, tetapi cobalah berbicara tentang konsumen Anda .

4. Jadilah Flexible
Untuk menciptakan merek perusahaan yang kuat, Anda harus siap untuk menerima tantangan baru dan mempertahankan pendekatan yang fleksibel. Jadi, Anda harus menunjukkan fleksibilitas sehingga Anda dapat membuat penyesuaian dengan harapan generasi baru dari bisnis Anda. Apabila dapat menyesuaikan diri itu kan efektif agar bisa berinteraksi dengan pelanggan yang lama dan baru.

5. Berkomunikasi Dengan Pelanggan
Melatih karyawan Anda pada semua aspek merupakan hal yang penting terutaa komunikasi. Komunikasi yang efektif dan santun dengan pelanggan akan memberika kepercayaan pelanggan. Ambil contoh Zappos, produsen sepatu populer. Mereka memiliki departemen yang terpisah untuk menjawab pertanyaan pelanggan.

6. Mengolah Loyality
Pastikan bahwa Anda menumbuhkan loyalitas di antara pengikut Anda, konsumen dan pelanggan. Anda dapat menulis surat pribadi kepada pelanggan Anda untuk berterima kasih kepada mereka karena sudah berbisni dengan Anda. Meminta mereka untuk menulis pengalaman mereka menggunakan produk dan fitur tinjauan mereka di situs Anda. Dan berilah hadiah untuk mereka.

7. Perhatikan Kompetitor
Anda harus mengetahui tentang apa yang sedang dilakukan dan yang sudah dilakukan pesain Anda. Anda harus belajar dari pesaing Anda. Mengawasi kegiatan pesaing Anda di media sosial. Jadi, pastikan bahwa Anda tahu cara efektif mengeksplorasi media sosial untuk branding startup Anda.

Kesimpulan
Pengembangan adalah satu tahap kunci dalam masa-masa awal memulai startup. Kalau boleh disederhanakan, ada empat hal yang perlu terus Anda ingat.
Pertama, terus ikuti perkembangan bidang industri Anda. Jangan lupa juga untuk terus update isu dan tren terbaru. Dengan begitu, Anda bisa ikut menumpang arus dan mendapatkan pelanggan-pelanggan baru.
Kedua, terus modifikasi dan sempurnakan strategi marketing yang Anda punya. Lewat cara inilah, Anda bisa mengembangkan niche dan membuat nama unik bisnis di bidang Anda.
Ketiga, pastikan juga Anda memiliki tim inti yang solid ketika sedang memulai startup. Ingatlah untuk tidak neko-neko dengan situasi finansial perusahaan. 
Terakhir, selalu dengarkan konsumen Anda.