Click "view web version" (smartphone)

Pages

Sistem Operasi Windows

Tutorial dan tips trik sistem operasi Windows.

Sistem Operasi Linux

Tutorial dan tips trik sistem operasi Linux.

Seputar Youtube

Tutorial dan tips trik seputar Youtube.

Sistem Operasi Android

Tutorial dan tips trik sistem operasi Android.

Seputar Multimedia

Tutorial dan tips trik seputar Multimedia.

Monday, 16 November 2020

Membuat Website Gratis dengan Google Bisnis

Google Bisnisku adalah sebuah tools dari Google yang dibuat khusus untuk membantu bisnismu mendapat informasi atau “biodata” di Google secara gratis. Informasi ini akan muncul jika ada orang yang mencari bisnismu atau kata kunci terkait di Google Search dan Google Maps. Saat ini, Google Bisnisku juga menawarkan layanan untuk membuat dan mengelola website dengan mudah bagi para pebisnis pemula.

Inilah fitur website gratis yang akan membantumu mempunyai website tanpa berbayar yang dapat dikelola melalui dasbor Google Bisnisku. Melalui format website builder, kamu bisa dengan mudah membuat website bisnis dengan detail yang sudah kamu tambahkan mengenai bisnismu.

Meski tak banyak pilihan untuk mendesain halaman, tapi ini menjadi salah satu cara paling mudah bagi pebisnis pemula atau jika kamu ingin mencoba membuat website untuk bisnismu. Selain tak perlu mengeluarkan biaya, website-mu secara otomatis juga lebih mudah masuk dalam daftar kepemilikan bisnis (listing) di Google sehingga kamu bisa mengetahui jika ada perubahan atau pembaruan informasi dari Google Bisnisku, walaupun sebenarnya masih ada pilihan yang lebih baik untuk membuat website.
Cara Membuat Website Gratis dengan Google Bisnisku

Mengingat website gratis ini merupakan bagian dari Google Bisnisku, maka kamu perlu memiliki akun Google Bisnisku terlebih dulu sebelum membuat website gratis milikmu. Pelajari cara membuat akun Google Bisnisku pada artikel Panduan Lengkap Google Bisnisku. Jika sudah memiliki akun Google Bisnisku, ikuti langkah berikut untuk membuat website gratis dari Google Bisnisku.
Kunjungi halaman Google Bisnisku lalu login untuk masuk ke dashboard dengan mengklik Kelola Sekarang.

Setelah berada di halaman dashboard, klik “Situs” di menu sebelah kiri seperti pada gambar.

Tentukan nama yang ingin kamu gunakan untuk nama website gratis milikmu dari Google Bisnisku. Namun, karena nantinya kamu akan mendapatkan website gratis, mau tak mau kamu harus mengikuti aturan Google untuk menambahkan ekstensi domain “.business.site”.



Kamu bisa mengostumisasi bagaimana tampilan website-mu terlebih dulu dengan mengklik icon yang berada di sebelah kiri dalam kotak pada gambar.


Keterangan:
1. Tema. Kurang lebih, ada 10 tema dasar dengan font berbeda yang bisa kamu gunakan untuk menciptakan suasana seperti apa yang ingin kamu tampilkan di website gratis milikmu.
2. Edit. Di “Edit”, kamu bisa menambahkan informasi lebih lengkap terkait bisnismu yang nantinya akan ditampilkan di Google Search da Google Maps.
3. Foto. Pilih gambar apa yang ingin kamu gunakan sebagai header untuk website gratis milikmu.
4. Lainnya. Pada menu ini, kamu bisa mengatur nama domain, verifikasi nama domain di Google Maps dan Google Search hingga membaca tips untuk mendapatkan pelanggan melalui Google Ads.
Jika sudah selesai, klik Publish di sebelah kanan atas seperti pada gambar berikut.



Website gratis milikmu dari Google Bisnisku sudah jadi. Saat ini, kamu dapat mengunggah beberapa gambar atau foto produkmu di menu “Foto”. Selain itu, pengunjung website-mu juga dapat mengetahui secara spesifik di mana lokasi bisnismu dalam peta Google serta meninggalkan testimoni terkait bisnismu.

Namun, saat ini kamu tidak dapat menambahkan menu untuk menaruh katalog atau mengedit tampilan website seperti warna, font, bahkan tema yang khusus untuk toko online. Jika memutuskan untuk membeli domain di Google, kamu akan dipatok kurang lebih Rp165 ribu untuk domain saja.

Optimasi Website Google Bisnisku

Ada beberapa proses yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan tampilan website gratis di Google Bisnisku, berikut caranya.

Mengubah desain dengan tema yang sesuai. Fitur tema akan mengubah desain dan tampilan website-mu. Desain website memang menjadi salah satu faktor penting dalam pembuatan website. Pastikan bahwa tema yang kamu pilih sudah sesuai dengan branding bisnismu. Tema juga akan berpengaruh pada font di website-mu. Jadi pastikan pula kamu suka dengan tampilan headline dan description di website-mu.

Unggah foto berkualitas tinggi. Pastikan kamu menggunakan foto dengan kualitas yang baik. Foto sampul di website-mu tentunya sangat penting karena ini juga akan dilihat oleh para pengunjung di Google listing. Ubah foto sampul di website gratismu dengan mengklik Sampul di menu Foto seperti pada gambar.


Pilih Call-to-Action (CTA) yang baik. Setelah mengedit, kamu dapat memilih dari beberapa tombol utama yang banyak digunakan, pilih yang sesuai dengan tujuan dan bisnismu. Misalnya, jika bisnismu bergerak di bidang layanan, kamu bisa memilih tombol Get Quote yang akan meminta pengunjung website untuk mengisi formulir yang nantinya akan dikirimkan ke akun emailmu. Ada beberapa CTA yang bisa kamu pilih. Berikut beberapa di antaranya:
Get directions. Menunjukkan jalan ke lokasi bisnismu melalui Google Maps.
Call now. Pengunjung bisa langsung menelepon bisnismu.
Find table. Jika bisnismu bergerak di bidang Food & Beverages (F&B), ini bisa berguna untuk mereservasi tempat di restoran atau tempat makanmu.
Place order. Tautan yang mengarahkan ke toko dan halaman order-mu.
Make appointment. Membuat janji jika layanan yang kamu tawarkan adalah jasa tatap muka atau melalui video call.
Message us (WhatsApp). Pengunjung website bisa menghubungi kamu melalui aplikasi perpesanan WhatsApp.

Ada beberapa tips lain yang diberikan oleh Google Bisnisku untuk menunjang performa bisnismu melalui Google yang bisa kamu akses dari sini.
Menggunakan Domain Sendiri pada Website Google Bisnisku

Website gratis dari Google Bisnisku memang cocok digunakan jika bisnismu tidak memerlukan pembaruan informasi. Tapi, jika bisnismu terus melakukan pembaruan katalog, perubahan harga, lokasi toko, dll, berarti kamu memerlukan hosting dan domain dengan fitur yang lebih dapat diandalkan.

Menurut penelitian Search Engine Journal, 22% konsumen selalu mengecek website sebelum mereka memutuskan untuk menggunakan layanan atau produk dari bisnis pada website tersebut. Artinya, kredibilitas bisnismu juga perlu diperhatikan ketika membentuk sebuah kepercayaan dari pelanggan.

Jika memutuskan untuk membuat website-mu sendiri, kamu bisa mengunjungi halaman hosting Dewaweb. Setelah itu, pilih paket yang sesuai dengan kebutuhanmu. Jika ingin mendapatkan tema dan plugin premium sekaligus domain gratis seumur hidup, kamu bisa melakukan pembelian minimal paket Warrior selama setahun.

Setelah mempunyai domain dan hosting sendiri, kamu bisa mengganti nama domain tersebut di Google Bisnisku. Ikuti cara berikut:
Di halaman dashboard, pilih Info di menu sebelah kiri seperti pada gambar berikut.

Scroll hingga kamu menemukan alamat situs yang hendak diganti lalu klik Edit yang ditandai dengan ikon pensil seperti pada gambar.



Ubah nama domain berekstensi “.business.site” menjadi nama domainmu.

Kesimpulan:
Cara Membuat website gratis Google Bisnisku cukup mudah. Anda dapat melihat langkah-langkahnya berikut ini.

1. Sign In
Pertama kali yang harus dilakukan yaitu mengakses Google Bisnisku melalui link berikut ini https://www.google.com/business. Setelah itu silahkan sign in ke akun Google Anda. Selesai sign in, Anda ditujukan pada dashboard yang merupakan halaman pertama website. Klik link tulisan start now, kemudian masukkan beberapa lokasi yang digunakan di Google Bisnisku.

2. Get Started
Cara membuat website gratis Google Bisnisku berikutnya yaitu klik menu website. Disana terdapat tampilan perkenalan serta informasi mengenai website Google Bisnisku, selanjutnya terdapat Get Started lalu klik tulisan tersebut. Ini adalah langkah awal yang digunakan untuk memulai membuat website.

3. Menunggu Proses Selesai
Setelah get started ditekan, maka otomatis Google akan melakukan proses pembuatan website. Konten website juga terbatas hanya berupa info yang ada di Google Map. Jadi Anda tidak bisa menambah menu seperti Portofolio, Katalog, dll.

4. Syncronisasi
Proses pembuatan telah selesai kemudian muncul tulisan welcome pada website. Lanjutkan klik icon centang untuk mulai menggunakannya. Beberapa saat kemudian Google menginformasikan kepada Anda untuk melakukan syncronisasi. Proses syncronisasi dilakukan supaya informasi website sama seperti di Google Bisnisku.

5. Mendesain Website
Cara membuat website gratis Google Bisnisku selanjutnya yaitu mendesain. Desain website di Google Bisnisku juga terhitung sederhana. Anda hanya cukup memilih tema yang disediakan. Selain tema, Anda juga bisa mengatur elemen website lainnya seperti font tulisan, warna, dan upload foto bisnis.

6. Publish
Selesai mendesain dan upload foto, selanjutnya aturlah alamat website dan bahasa website. klik tombol publish supaya Google mengetahui kalau website siap digunakan. Halaman berikutnya akan muncul nama domain website gratis. Anda bisa memilih domain tersebut, kemudian konfirmasi dan klik view site.

Meski Google Bisnisku memang cocok untuk meningkatkan kredibilitas bisnis, tapi fitur website gratis rasanya kurang cocok jika kamu ingin menampilkan informasi lebih lengkap terkait bisnismu di Google.
Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk meningatkan kredibilitas bisnis atau brand-mu secara online yaitu dengan membuat website. Tapi pastikan kembali, ketika memilih hosting, kamu harus menggunakan hosting yang aman dan cepat agar selalu bisa diandalkan.

Cara Membuat Radio Internet Online Streaming

Ingin punya radio dan bisa didengarkan di seluruh dunia? Gampang. Luangkan waktu satu jam maka Anda sudah akan punya radio online dan siap siaran dari mana saja sepanjang ada koneksi internet. Saya sudah membuat beberapa radio online dalam waktu sebulan terakhir.

Membuat Akun Radio Online 
1. Buat akun radio online di situs www.listen2myradio.com lalu pilih Sign Up for Free Account. 
2. Isi data lengkap layaknya membuat email atau akun Facebook lalu klik “Create my Account”
3. Sebuah pesan akan dikirim ke email Anda untuk langkah lebih lanjut. 
4. Buka email Anda dan klik link untuk konfirmasi registrasi. 
5. Ketika sudah melakukan konfirmasi, Anda bisa klik link untuk login 
6. Lakukan login dengan email sebagai username dan masukkan password. 
7. Anda akan dihadapkan satu halaman untuk memasang (install) radio Anda. Klik link yang disediakan.
8. Buat broadcaster password (ini diperlukan saat pengaturan winamp untuk siaran nanti). Buat juga admin password. Tulis judul atau nama radio (terserah saja). Selain itu tulis juga deskripsi radio. Tidak usah khawatir, ini bisa diubah kapan saja.
9. Bagian yang penting adalah membuat URL radio. Pikirkan baik-baik karena inilah yang akan diingat oleh pendengar Anda nanti. Silakan pikirkan nama yang mudah diingat. Setelah itu klik install. 
10. Lakukan proses selanjutnya seperti panduan yang muncul di layar Anda.
11. Pilih lokasi server yang disediakan. Saya sarankan di UK.
12. Catat detail IP dan Port yang diberikan, Anda akan memerlukan ini untuk pengaturan selanjutnya.
13. Klik link Radio Details setelah mencatat IP dan Port sehingga Anda akan melihat informasi rinci radio Anda. 
14. Anda akan melihat status Stream is ON berwarna hijau yang Artinya radio Anda sudah siap digunakan. 

Menyiapkan Media untuk Siaran
Untuk bisa siaran Anda memerlukan program Winamp dan melakukan pengaturan tertentu.
1. Unduh winamp, Shoutcast DNAS 2.0 dan SHOUTcast Transcoder lalu pasang. 
2. Setelah dipasang, aktifkan Winamp sehingga muncul juga jendela Nullsoft. Di sinilah Anda melakukan pengaturan untuk siaran. Tips: seringkali Nullsoft ini tidak terlihat karena selalu berada di bawah jendela Winamp. Jika ini terjadi, coba kecilkan atau geser jendela Winamp Anda. 
3. Pilih tab output dan pilih salah satu dari 5 keluaran yang disediakan. Pilih tab connection dan isilah data seperti IP, Port, username, dan password. Ingat, ini adalah broadcaster password, bukan password yang Anda gunakan untuk login di Listen2Myradio.
4. Pilih tab Encoder lalu pilih type MP3 Encoder. Jangan lupa centang Auto Connect 
5. Sekarang pilih tab Input dan di sana ada pilihan Winamp atau Microphone (Soundcard Input). Pilih Winamp jika akan siaran dengan memutar lagu2 di Winamp atau pilih Microphone/ Soundcard Input jika akan memperdengarkan suara penyiar. 
6. Jika semua pengaturan benar maka status di Nullsoft akan menunjukkan “sent sekian bytes”
7. Anda sudah siap siaran. Jika saat itu inputnya adalah Winamp maka lagu yang Anda putar di Winamp akan bisa terdengar di seluruh dunia melalui URL radio yang ditentukan tadi. Jika ingin memperdengarkan suara penyiar maka ubah input jadi Microphone atau Soundcard Input dan mulailah cuap-cuap. 

Siaran di Lain Waktu
Jika Anda akan siaran di lain waktu maka Anda harus tetap login terlebih dahulu tetapi tidak perlu melakukan pengaturan IP dan Port seperti di atas. 
1. Kunjungi http://www.listen2myradio.com lalu login dengan email dan password. 
2. Akan terlihat bahwa Stream is oFF. Silakan klik “Turn On click here” sehingga di bagian bawah akan ada pilihan Turn On/Turn Off, silakan klik Turn ON sehingga muncul pesan “Radio is turning on”. Di bawah itu ada pesan “Click here to refresh” dan silakan diklik. Anda akan lihat status hijau Stream is On.
3. Anda sudah siap siaran dengan Winamp dan status di Nullsoft adalah “sent sekian bytes”. Dalam hal ini Anda tidak perlu melakukan pengaturan apa-apa lagi dan bisa mulai memutar lagu atau cuap-cuap dengan mic. Ingat, pilih input yang tepat.

Cara Membuat Radio Siaran Online dengan Notebook Laptop

SpAcer, adakah yang memiliki cita-cita menjadi seorang penyiar radio tapi belum terwujud karena suatu alasan? Jangan sedih, spAcer kini bisa jadi penyiar tanpa harus belajar broadcasting! Yap, siapapun kini bisa memiliki radio sendiri secara online. Serunya lagi, stasiun radio online-mu bisa diakses di mana saja dibandingkan dengan radio FM kebanyakan yang dapat didengar berdasarkan frekuensinya. 

Untuk mewujudkannya, spAcer hanya cukup memanfaatkan situs Caster.fm dan software SAM Broadcaster. Nggak perlu repot-repot harus mendirikan tower pemancar dan studio khusus dengan peralatan lengkap, spAcer hanya butuh koneksi internet, notebook/PC, software SAM Broadcaster dan microphone. 

Tertarik untuk membuat radiomu sendiri, spAcer? Ini dia panduan step by step setting SAM Broadcaster dan login Caster.fm untuk keperluan streaming radio-mu. 

Daftar di Caster.fm 
Caster.fm adalah situs untuk membuat server radio kamu, spAcer. Dari server tersebut, nantinya suara spAcer bisa mengudara. Berikut beberapa tahapan untuk bisa membuat radio onlive versimu sendiri melalui caster.fm. 

1. Kunjungi caster.fm. 

2. SpAcer akan dihadapkan pada dua pilihan, yaitu Free Plan dan Pro Plan. Pilih Free Plan untuk menikmati layanan ini secara gratis. 

3. Pilih Register. Silahkan registrasi terlebih dahulu dengan mengisi mulai dari username, email adress, password dan sebagainya. Setelah semua diisi dengan lengkap, segera sign-up. 

4. Cek inbox email-mu untuk melakukan konfirmasi. Lalu klik link yang diberikan dalam email tersebut. 

5. Login kembali dengan username dan password yang sudah diisi sebelumnya. 

6. Setelah login sukses, spAcer tinggal men-setting radio streaming-mu. Pada bagian Radio Details dalam Costumize Your Website & Radio, isilah nama radio, deskripsi hingga kategorinya sesuka hatimu. Lalu save. 

7. Kembali ke halaman utama, klik Start Server. Copy semua data yang ada, mulai dari Server IP, Mount, Username dan sebagainya ke Notepad untuk keperluan di bagian Setting. 

8. Pembuatan akun caster.fm selesai. 

Install SAM Broadcasting 
SAM Broadcaster adalah sebuah software audio streaming yang memang banyak digunakan untuk siaran radio online. Dengan fitu-fitur yang mudah dan lengkap, software ini juga menjadi favorit banyak penyiar radio streaming. Pastikan spAcer sudah download dan install SAM Broadcasting di dalam PC/Notebook-mu, ya. Kemudian jalankan software tersebut dengan melakukan login terlebih dahulu. 

Membuat Encoder 
1. Setelah berhasil masuk ke dashboard SAM Broadcasting, buka tab Windows yang berada di bagian atas lalu klik 

2. Klik icon (+) > MP3 [LAME_ENC] > OK. Setelah berhasil, lanjutkan men-setting radiomu agar bisa segera mengudara. 

3. Pada menubar Converter > Setting. Lalu isi settingan Bitrate, Mode dan Sampling rate sesuai keinginanmu. Sebagai informasi, bitrate merupakan ukuran audio yang akan di-upload. Bisa 62 atau 32 kbps. Sementara Mode adalah memilih stereo atau mono, dan Sampling Rate adalah ukuran cuplikan. 

4. Beralih ke menubar Server Detail > IceCast > IceCast 2. Isi pula kolom-kolom Server IP, Server Port, Password dan Mount dengan data-data yang tadi sudah di-copy dari caster.fm. Pada kolom Station name dan Station Description, silahkan diisi sesuka spAcer. Terakhir, isi Website URL dengan URL radio streaming saat mendaftar di Caster.fm. Klik OK untuk terhubung dengan server. 

5. Encoder sukses dan SAM Broadcaster siap digunakan! Jika belum bisa connect, klik ikon “play” pada jendela Encoders yang bergambar seperti segitiga. 

Membuat playlist 
1. Kembali ke dashboard awal SAM Broadcaster. Pada jendela Quene > icon “+” > Add Directory. 

2. Pilih folder koleksi musikmu. Gunakan icon + dan pilih Add File untuk memasukkan lagu-lagu yang ingin kamu putar dalam radio online. 

3. playlist-mu sudah jadi. 

Memasukkan suara: 
1. Klik tab Windows > Voice FX. 

2. Gunakan mic untuk merekam suaramu. Jika tidak memiliki mic, spAcer bisa memakai headset yang ada mic-nya. 

Setelah semua sudah diset dengan benar, spAcer siap untuk cuap-cuap di radio online-mu.

Saturday, 7 November 2020

Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger

Untuk menghindari permasalahan iklan AdSense tidak muncul di blog dan juga memperbaiki notifikasi error ads.txt di akun AdSense, sobat perlu mengaktifkan fitur ads.txt kustom di blogger.

Caranya silakan ikut langkah-langkah di bawah ini :
Login ke “Blogger” > “Setelan” > “Monetisasi”
Aktifkan ads.txt kustom
Pada bagian “ads.txt kustom” isi dengan kode ads.txt berikut:

google.com, pub-0000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0
Ganti yang berwarna merah dengan ID Akun AdSense milik sobat
ID Akun AdSense bisa dilihat pada URL dashboard AdSense.


Jangan lupa klik “Simpan“
Setelah memasang/mengaktifkan file Ads.txt biasanya iklan AdSensenya menjadi blank/tidak muncul. Silakan ditunggu saja sekitar 1x24jam sampai iklannya muncul kembali.

Selain itu notifikasi peringatan ads.txt di akun AdSense tidak akan langsung hilang, silakan tunggu saja sekitar 1x24jam sampai notifikasi tersebut hilang.

13 Teknik Mempromosikan Konten Blog untuk Mendapatkan Ledakan Pengunjung

Supaya konten baru atau blog baru anda bisa mendapatkan pengunjung, anda harus menghabiskan waktu 4x lipat lebih banyak daripada pembuatan konten.
Artinya kalau saya membuat 1 artikel dalam 2 hari, maka sisanya dalam seminggu adalah untuk promosi.
Karena ketika anda menekan tombol ‘publish’, di hari yang sama ada jutaan artikel lain yang juga diterbitkan.

Artikel anda hanya seekor ikan di samudra yang luas.
Kalau seperti itu, lantas bagaimana bisa sebuah blog baru — yang belum dikenal — bisa mendapatkan perhatian dari orang banyak?

Jawabannya: promosi konten.
Hati-hati: Kesalahan besar dalam promosi konten
Promosi dalam dunia online identik dengan hal negatif.
Kalau anda pecinta internet seperti saya, pasti paham maksudnya. Orang-orang yang di internet tidak suka dengan yang namanya promosi dan iklan.
Apalagi spam.
Karena itu kalau anda tidak ingin jadi sosok yang dibenci, ikuti aturan main ini.

Pertama:
Kita TIDAK mempromosikan blog…yang kita promosikan adalah konten.
Paham maksudnya?
Artinya setiap kali anda menaruh link di berbagai tempat, bawa langsung ke konten yang ingin anda promosikan. Bukan ke homepage.
Dengan begitu orang lain tidak akan bingung.

Kedua:
Konten anda harus yang terbaik.
Bukan konten yang hanya copy paste, ganti kata, tulis ulang. Konten anda harus punya ide-ide baru di dalamnya, dan yang terpenting: harus membantu orang lain menyelesaikan masalah.

Orang-orang sering bilang “konten berkualitas”, “konten adalah raja”, tapi kenyataannya sebagian besar dari para pembuat konten tidak peduli dengan kontennya sendiri.

Ada yang membuat konten hanya dalam hitungan menit.
Ada juga pemilik blog baru yang kejar-kejaran membuat 5-10 konten dalam sehari.

Ingat ini:
Anda tidak perlu menerbitkan banyak konten sehari.
Banyak blog besar yang hanya menerbitkan 1 artikel per bulan.
Karena pada akhirnya untuk website yang mengandalkan konten (seperti blog), faktor penentu kesuksesannya adalah kualitas artikel…
..bukan jumlah artikel.

Ketiga:

Jangan gunakan tool otomatisasi…
…minimal sampai anda sudah punya audience sendiri.
Bicaralah kepada orang yang ingin anda promosikan sebagai manusia, bukan robot. Lakukan promosi secara manual.
Semua yang serba otomatis biasanya menjurus kepada spam.
Tidak ada orang yang suka dengan spam.
Setelah mengetahui ketiga hal tersebut, sekarang mari kita mulai ke langkah pertama.

1. Menyiapkan ‘umpan’ sebelum konten diterbitkan
Faktanya, tidak semua jenis konten akan bisa populer.
Meskipun sudah dipromosikan dengan benar.
Maka dari itu mindset ‘promosi konten’ sudah harus anda pegang sejak sebelum konten diterbitkan…bahkan sebelum dibuat.
Untuk itu, perhatikan 2 hal:
Pemilihan topik dan isinya.
Topik dari konten anda harus bersifat urgent atau mendesak. Topik yang membuat orang lain merasa bahwa mereka harus baca saat ini juga.
Lebih bagus lagi topik yang bisa membuat mereka berpikir “teman-teman saya harus baca ini juga!”.

Sedangkan untuk isinya, sebaiknya:
Kredibel – ada data/fakta dari sumber terpercaya
Praktis – bisa langsung dilakukan oleh pembaca
Emosional – memancing emosi positif/negatif

Ketiga hal ini selalu saya terapkan di blog PanduanIM.
Kalau anda pernah membaca beberapa konten di blog ini (termasuk yang sedang anda baca), anda akan sadar bahwa saya sering menggunakan data seperti grafik atau persentase.

Tujuannya supaya terlihat kredibel.


Ada juga konten yang dibuat agar isinya praktis…(lihat judulnya)
Dan konten yang isinya bertentangan dengan apa yang sudah sering dipelajari oleh pembaca. Sehingga meskipun banyak yang setuju, banyak juga yang tidak setuju:


Sehingga pada akhirnya, ketika konten-konten ini saya promosikan…pengunjung akan langsung meningkat secara drastis.


2. Buat email list dan kirimkan setiap kali ada konten baru
Dengan membangun email list, usaha promosi konten anda jadi berkali-kali lipat lebih mudah.
Bayangkan:
Anda mendapatkan 1000 pengunjung dari berbagai tempat.

Tanpa email list berarti 1000 orang tersebut akan pergi. Sehingga lain kali anda mempromosikan konten berarti anda harus mencari mereka lagi.
Tapi kalau anda sambil membangun email list, jadi seperti ini:
Ada 1000 orang yang datang, beberapa di antaranya menjadi subscriber.

Maka lain kali ketika anda menerbitkan konten sebagian dari subscriber anda akan langsung sadar. Artinya kali ini mendatangkan pengunjung jadi lebih mudah.

Demikian berulang-ulang setiap hari.
Sehingga dengan membuat email list sendiri berarti anda sudah punya sumber traffic yang selalu siap menerima konten baru anda.
Lebih enak kan?

3. Dapatkan follower dan post konten ke social media
Ada salah paham yang fatal mengenai penggunaan social media.
Saya yakin kalau anda sudah pernah baca artikel mengenai promosi blog, pasti pernah membaca yang menyarankan untuk post ke social media setiap kali ada konten baru.

Ini salah…salah besar.
Begini maksud saya:
Sebagai pemula biasanya kita hanya punya 100-1000 follower di Twitter/Facebook.

Apa yang terjadi ketika kita post ke sana?
Paling-paling hanya 1-2 orang yang re-Tweet/Like… ya kan? Setelah itu? Selesai. Tidak terjadi apa-apa lagi.

Artinya percuma anda ngepost ke social media berkali-kali.
Prinsipnya sama saja dengan list building di atas, tetapi medianya yang berbeda. Tadi dengan email, sekarang dengan social media.

Caranya dengan memasang tombol/link/widget untuk mempermudah pengunjung menuju akun social anda. Seperti ini:

Ada 2 hal yang harus anda perhatikan dalam menggunakan social media:
Pertama, jangan pernah beli follower/like.
Kedua, jangan hanya share link dari website anda sendiri saja.

Ikuti tips ini ketika posting di social media:
Jangan gunakan judul artikel sebagai isi dari tweet atau status anda. Jelaskan isi konten dengan singkat, tapi menarik.
Gunakan 3 konteks yang berbeda kalau anda menjadwalkan 3 update.
Prinsip rasio 2:1:1, 2 kali share konten orang lain , 1 kali share konten milik sendiri, 1 kali update tanpa link.
Penggunaan gambar terbukti meningkatkan jumlah klik pada social media.

4. Sebutkan blogger lain di konten, lalu beritahu mereka
Namanya manusia…pasti suka kalau mendengar sesuatu yang positif tentang mereka dari orang lain.
Sifat manusia yang satu ini bisa kita manfaatkan.

Misalnya begini:
Saya membuat artikel dengan topik “menurunkan berat badan”, dalam artikel ini saya merekomendasikan blogger lain dalam bentuk link sebagai tambahan bacaan yang bagus.

Setelah itu saya memberitahu blogger tersebut via email.
Maka kemungkinan besar mereka akan balik merekomendasikan artikel anda…
..dalam bentuk link juga atau share di social media.
Salah satu contohnya artikel ini:

Sampai saat ini artikel tersebut sudah mendapatkan lebih dari 1400 kali share.
Setelah artikel ini diterbitkan, saya menghubungi orang-orang yang disebutkan di dalamnya…kemudian minta mereka untuk share.

Ini responnya:

Pada kondisi normal, kalau anda langsung hanya minta bantuan kepada mereka untuk share maka kemungkinan besar mereka akan menolak.
Tapi dalam kasus ini karena kita yang lebih dulu menyebutkan mereka dalam artikel, sebagian besar mau membantu.
Maka dari itu, di konten anda usahakan selalu memasang link ke blogger lain.

5. Gabung ke Facebook Group yang bersih
Karena banyaknya orang Indonesia yang aktif dalam Facebook Groups, komunitas ini bisa menjadi salah satu tempat promosi terbaik.
Sebelum bergabung, ingat 2 hal ini.

Pertama, jangan promosi ke grup yang tidak ada kaitannya dengan topik blog dan konten anda.
Kalau konten anda tentang diet, gabunglah ke grup diet.
Kalau konten anda tentang bisnis, gabunglah ke grup bisnis.
(Percaya tidak percaya, banyak juga yang promosi di grup yang tidak nyambung)

Kedua, jangan promosi ke grup yang isinya sebagian besar spam link website. Post anda tidak akan terlihat di News Feed para anggotanya.
Pastikan grup yang anda pilih aktif berisi komentar dan like…
..bukan hanya spam.

Ada pun juga tidak boleh melakukan spam.

Berikut ini adalah tips lain promosi di Facebook supaya anda tidak ditendang dari grup:
Rasio promosi 4:1, 4 kali membantu orang lain, 1 kali promosi.
Promosikan link yang benar-benar membantu anggota grup menyelesaikan persoalan.
Ikuti aturan grup. Kalau anda tidak diperbolehkan memposting link, jangan.
Tidak harus membuat post baru untuk promosi. Tempat komentar juga bisa.
Jangan bergabung hanya untuk promosi. Hal utama yang harus anda lakukan disini adalah membantu orang lain menjawab pertanyaan dengan sopan.

Jangan sampai justru website anda dianggap spam oleh sistem Facebook.
Kalau sudah begitu maka hampir semua post yang berisi link website anda tidak akan pernah terlihat oleh orang lain.

6. Gabung ke Google+ Communities
Mirip seperti Facebook Groups. Meskipun di Google+ lebih sepi tapi umumnya komunitas disini lebih rapi dan antusias.
Filter spam di Google+ jauh lebih kuat daripada Facebook.
Jadi hati-hati, sekali dicap sebagai spam website anda tidak akan pernah bisa muncul selamanya. Karena tiap post akan masuk ke filter spam.
Tipsnya sama dengan nomor 5.

7. Gabung ke situs forum
Meskipun jumlah forum tidak banyak dan isinya kebanyakan spam, tapi promosi di forum juga bisa mengundang traffic.
Teknik promosi blog di forum mirip dengan di FB dan G+.
Tugas utama anda setelah bergabung di komunitas bukan untuk langsung posting berisi link…Jadi jangan langsung komentar yang berisi link apalagi membuat thread baru.
Sebaliknya, lakukan ini:

Jawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan orang lain.
Forum merupakan tempatnya orang yang ingin berdiskusi dan tanya-jawab. Tidak jarang anda akan menemukan orang yang bertanya tentang topik tertentu.
Apabila konten anda bisa menjawab, beritahukan.
Kalau tidak…jangan.

8. Ubah bentuknya lalu publish di berbagai tempat
Kalau anda punya konten berupa artikel, anda bisa membuat video, PDF, atau infografis dengan isi yang sama persis.
Dari 1 jadi 4 sekaligus.
Begitu pula kalau anda punya konten video, bisa dijadikan artikel juga.
Tidak berhenti sampai di situ…

Kita akan memanfaatkan website-website yang sudah memiliki banyak pembaca. Kemudian konten bentuk lain tersebut kita kirim ke sana.
Di website-website ini sudah ada banyak orang yang siap menyantap konten anda.

Sehingga apabila dalam konten yang diterbitkan di website-website tadi terdapat link menuju website anda, maka anda akan mendapatkan banyak traffic.
Konten di situs seperti YouTube, SlideShare, Kompasiana, dll akan lebih mudah mendapatkan rangking di Google dibandingkan website baru.
Karena itu konten anda juga akan mendapatkan traffic dari mesin pencari.

9. Monitor percakapan dan konten baru yang relevan
Misalnya anda punya konten tentang ‘belajar Bahasa Inggris’.
Ternyata di suatu situs komunitas ada beberapa orang yang bertanya satu sama lain, gimana sih caranya belajar Bahasa Inggris yang efektif?

Ini kesempatan untuk promosi konten…
Sudah ada orang yang membutuhkan bacaan, kita tinggal datang dan berikan linknya.
Tapi masalahnya, internet itu kan luas. Lalu bagaimana cara kita bisa menemukan kalau ada orang yang membicarakan topik tertentu?

Mudah:
Ada beberapa tool yang bisa kita gunakan untuk memonitor.
Google Alerts
Fresh Web Explorer
Mention

10. Tulis komentar yang cerdas dan bermanfaat di blog lain
Saya termasuk orang yang ketat kalau melakukan moderasi komentar blog.
Di blog ini saja, kurang dari 10% komentar masuk yang saya terbitkan. Belum termasuk yang otomatis terjaring filter spam Akismet.

Komentar blog itu bermanfaat:
Mendapat pengunjung langsung (meskipun tidak banyak)
Jadi dikenal oleh si pemilik blog (kalau komentarnya luar biasa)
Tapi konyolnya banyak orang yang melakukan spam…

11. Guest blogging di blog yang populer
Setiap kali ada yang bertanya cara mendapatkan traffic, saya selalu bilang begini:
Masuk ke tempat yang sudah banyak trafficnya.
Wajar kan…untuk blog baru yang masih sepi, walaupun anda menerbitkan 100 artikel per hari — tanpa melangkah keluar — tetap saja akan sepi.
Maka dari itu situs komunitas jadi salah satu solusi paling efektif.
Guest blogging di blog yang populer.
Dengan begitu pembaca dari blog tersebut akan langsung mengenal anda dan langsung menuju website anda sendiri.

Dalam hitungan hari saja artikel tersebut langsung masuk ke halaman pertama untuk kata kunci yang saya inginkan.
Bagi ada yang punya blog baru, lakukan guest blogging di situs populer. Hasilnya tidak akan mengecewakan kalau dilakukan dengan benar.

Beberapa tips untuk melakukan guest blogging:
Lakukan guest blogging hanya di website yang pemiliknya masih aktif
Pastikan pembaca di blognya juga aktif berkomentar yang bukan sekedar berterima kasih (seperti contoh di atas)
Jangan melakukan guest blogging kalau di website tersebut kebanyakan guest blog
Topik blog harus sama dengan milik anda

11. Buat supaya pembaca bisa bantu mempromosikan
Konten tidak akan pernah jadi populer kalau hanya anda seorang diri yang promosi.
Pembaca juga harus aktif.
Jadi sebetulnya tantangan utama anda bukan “bagaimana mempromosikan”, tetapi “bagaimana supaya pembaca juga mau mempromosikan”.

Gunakan 6 elemen pemicu popularitas
Gunakan gambar yang menarik
Buat artikel panjang (> 2500 kata)
Sediakan tombol share
Minta mereka untuk share

Mari kita bahas lebih lanjut.
Ada korelasi yang kuat antara panjang artikel dengan jumlah share.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan BuzzSumo terhadap 1 juta artikel, semakin panjang artikelnya maka rata-rata share-nya makin tinggi:
Jadi lain kali anda membuat artikel, jangan puas dengan yang pendek.
Usahakan membuat artikel panjang.

Selain itu yang juga harus anda perhatikan adalah penempatan tombol share. Terdengar sepele tapi sebenarnya sangat berpengaruh.

Ada 3 tempat tombol share yang efektif:
Di awal konten
Di akhir konten
Di samping konten (ikut turun ketika di-scroll)

Tombol share yang ikut turun ketika di-scroll biasanya memberikan jumlah klik terbanyak.
Bentuk ini memberikan jumlah share terbanyak (di PanduanIM). Pengguna WordPress bisa membuat yang seperti ini menggunakan plugin bernama ClickToTweet.

Terakhir, minta langsung kepada pembaca anda untuk share.
Sudah terbukti bahwa kalau kita meminta mereka untuk share, maka jumlahnya akan meningkat jauh dibandingkan kalau tidak sama sekali.

Karena itu di salah satu halaman PanduanIM saya juga meminta untuk share:
Hasilnya cukup memuaskan:

12. Bangun tribe dan promosi silang dengan pemilik website lain
Apapun yang dilakukan bersama-sama biasanya mendatangkan hasil yang lebih baik daripada seorang diri.
Jadi daripada bekerja seorang diri, bagaimana kalau kita bekerja sama dengan blogger lain?
Mereka ingin populer…kita juga ingin.
Kedua pihak sama-sama diuntungkan.
Teknik ini akan lebih efektif kalau anda sudah punya audience. Misalnya berupa follower atau email list.

Tahapan untuk mulainya seperti ini:
Temukan 2-5 blogger dalam topik yang sama dan “level”-nya sama
Tulis komentar di blognya (seperti contoh 3 dalam teknik no. 10 di atas)
Tunggu sampai komentar anda dibalas
Kirimkan email, ajak untuk kerjasama

Kerjasama yang anda lakukan bisa dalam bentuk saling memasang backlink dalam konten, saling Tweet, email ke subscriber, dsb.
Ini biasa disebut dengan istilah Tribe.
Tapi hati-hati, jangan sampai mengganggu follower/subscriber anda sendiri.

13. Hubungi mereka yang sudah pernah share konten sejenis
Logikanya:
Kalau seseorang sudah pernah share konten dalam suatu topik, mereka akan cenderung lebih menerima kalau kita tawarkan konten yang sejenis.
Pertama-tama, cari konten yang sejenis dengan konten anda.
Biasanya dalam proses riset saat membuat artikel kita sudah menemukan banyak artikel yang sejenis. Simpan link-link artikel tersebut.