Click "view web version" (smartphone)

Pages

Monday 28 September 2020

11 Sumber Backlink Gratis dan Berkualitas

Untuk mempelajari cara mendapatkan backlink adalah salah satu taktik SEO tertua dan paling efektif . Ini juga salah satu cara paling produktif untuk menumbuhkan lalu lintas pencarian organik. Tetapi Anda harus berhati-hati dengan cara membangun backlink yang berkualitas.

Tautan telah menjadi bagian utama bagaimana Google dan mesin pencari lainnya menentukan seberapa tepercayanya sebuah situs web sejak awal. Mereka memandang setiap tautan sebagai semacam rekomendasi, sehingga semakin banyak tautan yang diarahkan oleh sebuah situs web semakin tinggi juga peringkatnya dan kredibilitasnya dalam hasil pencarian.

Untuk itu kami akan membagikan beberapa peluang backlink atau link berkualitas tinggi yang bisa Anda dapatkan secara gratis dan cukup instan untuk Anda hubungkan ke situs Anda sebagai sumber backlink berkualitas.

Mengapa Kualitas Backlink Penting untuk SEO?
Tautan selalu menjadi faktor penting dalam bagaimana mesin pencari seperti Google memberi peringkat pada situs web dalam hasil mereka, dan itu masih berlaku sampai sekarang. Mesin pencari pada dasarnya melihat setiap tautan ke situs Anda sebagai penilaian kepercayaan pada kualitas konten Anda.

Lagi pula, jika situs lain bersedia mengutip Anda sebagai sumber atau mengarahkan pengguna mereka menjauh dari situs mereka sendiri demi salah satu halaman Anda, Anda harus menawarkan sesuatu yang bernilai. Jadi semakin banyak tautan yang Anda tunjuk ke situs Anda, semakin dapat dipercaya situs Anda akan muncul.

Sayangnya, Google belum merilis secara spesifik tentang bagaimana hal itu mengukur kredibilitas, atau bagaimana reputasi situs Anda. Tetapi ada banyak alat yang dapat memberi Anda gambaran tentang seberapa tepercaya situs Anda muncul.

Banyak dari alat ini berpusat pada Domain Authority. Metrik ini didasarkan pada data tautan situs, usia, popularitas, ukuran, indikator terkait kepercayaan dan diberi skor pada skala dari satu hingga 100. Pada dasarnya, semakin tinggi Domain Authority Anda, semakin mudah bagi situs Anda untuk mendapatkan peringkat tinggi dalam hasil pencarian.

Manfaat Backlink
Meningkatkan dan mempercepat perayapan serta pengindeksan mesin pencari.
Mengarahkan lalu lintas rujukan ke situs Anda.
Branding
Directory dan sumber daya link jangka panjang
Membangun otoritas situs Anda

11 Sumber Backlink Gratis dan Berkualitas
Facebook
Domain Authority : 100
Atribut Tautan : Nofollow
Cara Mendapatkan Tautan : Kalian bisa buat halaman Facebook untuk situs Anda, bangun komunitas yang kuat, promosikan konten yang bermanfaat secara organik. Memiliki komunitas dan halaman yang kuat akan membantu mengarahakan lalu lintas ke situs web Anda

Twitter
Domain Authority : 100
Atribut Tautan : Nofollow
Cara Mendapatkan Tautan : Saat ini Google sering sekali menampilkan tweet pada hasil pencarian mereka. Hal tersebut bisa dikatakan Google sering mengunjungi situs Twitter dalam hal perayapan dan pengindeksan. Mempromosikan halaman / konten situs Anda yang baru diterbitkan di Twitteri akan dapat membantu mempercepat indeksasi mereka dan menghasilkan lalu lintas juga.

Quora
Domain Authority : 90
Atribut Tautan : NoFollow
Cara Mendapatkan Tautan : Kalian bisa cari pertanyaan dari pengguna Quora dan Anda jawab pertanyaan tersebut dengan tepat. Jika jawaban Anda tepat, berharga dan menarik maka kemungkinan jumlah upvotes akan meningkat dan juga akan banyak yang mengklik tautan Anda.

Youtube
Domain Authority : 100
Atribut Tautan: Nofollow 
Cara Mendapatkan Tautan : Anda daftar dan buat channel Anda sendiri. Dengan memiliki tautan dari akun YouTube yang aktif itu akan membantu website Anda sering dikunjungi oleh perayap mesin pencari.

Medium
Domain Authority : 94
Atribut Tautan : Nofollow
Cara Mendapatkan Tautan : Anda bisa daftar akun baru setelah itu Anda bisa tulis cerita Anda.

About.me
Domain Authority : 91
Atribut Tautan : Dofollow
Cara Mendapatkan Tautan : Daftar akun baru about.me lalu buat profil pribadi Anda

Slideshare
Domain Authority : 96
Atribut Tautan : NoFollow
Cara Mendapatkan Tautan : Anda bisa buat konten atau materi Anda yang bermanfaat dan menarik dalam bentuk slide deck. Setelah itu upload ke slideshare. Tautan disisipkan di slide tersebut yang bisa di klik.

Academia.edu
Domain Authority : 92
Atribut Tautan : NoFollow
Cara Mendapatkan Tautan : Kalian daftar akun lalu buat artikel yang didalamnya sudah anda beri link dan upload ke academia.edu. Artikel dapat menggunakan format doc, pdf dan lainnya.

Scribd
Domain Authority : 93
Atribut Tautan : NoFollow
Cara Mendapatkan Tautan : Sama seperti academia, kalian daftar akun scribd, buat artikel yang didalamnya ada link kalian dan upload artikel tersebut ke scribd.com.

Crunchbase
Domain Authority : 89
Atribut Tautan : Dofollow
Cara Mendapatkan Tautan : Kalian daftar akun dan buat profil Anda sendiri atau perusahaan.

Linkedin
Domain Authority : 100
Atribut Tautan : Nofollow
Cara Mendapatkan Tautan : Daftar akun linkedin dan buat artikel baru di feed Linkedin Anda. 
IWA 2020

Nah salah satu untuk mendapat backlink gratis yang terakhir yaitu dengan mendaftarkan website Anda di IWA 2020. Apa itu IWA? IWA adalah sebuah ajang penghargaan website terbaik yang didedikasikan khusus bagi para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) Digital di Indonesia sebagai bentuk dukungan akan perkembangan ekonomi digital di Indonesia. Serta untuk mengapresiasi kinerja dan bakat dari para Web Developer/Web Designer yang terlibat. 

Anda tinggal masuk ke website nya lalu daftarkan website Anda dalam kompetisi tersebut. Jika website Anda memenuhi syarat dan ketentuan dari kompetisi tersebut maka website Anda akan ditampilkan disana dan tentu mendapat backlink gratis.

Sumber:
blogs.masterweb.com