Click "view web version" (smartphone)

Pages

Monday 28 September 2020

Cara Menambahkan Website ke Google Search Console

Untuk seseorang yang sudah mempunyai website mungkin sudah tidak asing lagi dengan Google Search Console. Google Search Console atau dulu biasa disebut Google Webmaster adalah tools yang disediakan oleh Google untuk memonitor performa website di pencarian organik. Tools ini juga memungkinkan Kamu untuk mengetahui domain yang memberikan link ke website Kamu (Referring Domain), melihat kata kunci yang paling banyak di klik dan muncul di mesin pencari. Selain itu Google Search Console juga bisa melihat halaman yang paling banyak dicari, melihat kerusakan di website dan masih banyak lagi.

Karena banyak sekali manfaat yang bisa Kamu dapatkan jika menggunakan tools ini, Kami sarankan untuk mendaftarkan website Kamu ke Google Search Console.

Apa Itu Google Search Console
Google Search Console atau yang dulunya dikenal Google Webmaster yaitu sebuah tools gratis dari Google untuk pemilik website agar bisa melihat kinerja/performa website di pencarian organik Google. Memiliki akses ke alat dan data yang disediakan langsung oleh mesin pencari dapat membuat pengoptimalan situs web Kamu jauh lebih mudah. Jadi jika Kamu pemilik website dan ingin mengoptimalkan website, maka tools ini akan sangat membantu pengelolaan sehari -hari.
Manfaat Google Search Console

Mungkin sebagian orang sudah tahu beberapa manfaat menggunakan tools ini, tapi Kami akan tetap menampilkannya disini untuk meyakinkan Kamu betapa pentingnya tools ini. Inilah beberapa manfaat Google Search Console :

Optimasi website/konten dengan Search Analytics.
Mendapat peringatan jika ada masalah pada website
Melihat kata kunci populer untuk website Kamu
Mengidentifikasi halaman paling populer di website
Mengetahui datangnya pengunjung
Mengidentifikasi perangkat yang digunakan pengunjung
Melihat jumlah backlink ke website Kamu
Mengidentifikasi broken link pada website
Submit sitemap

Cara Menambahkan Website ke Google Search Console
Ada beberapa langkah yang harus Kamu ikuti untuk menambahkan websitemu ke Google Search Console. Inilah langkah – langkahnya :
Langkah 1: Siapkan Akun Google

Untuk mendaftarnya sangat mudah ko, langkah awalnya yaitu Kamu siapkan akun Google terlebih dahulu. Setelah itu silahkan masuk ke halaman https://search.google.com/search-console.
 
Langkah 2: Tambahkan Domain

Langkah selanjutnya yaitu tambahkan domain Kamu di bagian kiri atau “Domain” seperti dibawah ini. Tambahkan hanya nama domain tanpa URL lengkap. Lalu klik tombol continue. 

Langkah 3: Tambahkan Code ke TXT Record

Setelah itu akan muncul code yang harus Kamu masukkan ke TXT record. Copy code tersebut dan masukkan ke TXT record.


Cara menambahkan code ke TXT record yaitu masuk terlebih dahulu ke Panel penyedia domain tersebut. Untuk panduan ini Kami menggunakan panel / clientarea Masterweb.

Pilih Manage DNS atau DNS Settings.


Pilih edit zone disebelah kanan domain yang ingin Kamu tambahkan Google Search Console

Klik tombol Add record disebelah kanan atas lalu isi name nya “@”, pilih type nya TXT. TTL nya biarkan default (14400). 

Di bagian Record / RDATA masukkan code yang disediakan oleh Google Search Console tadi. Setelah selesai klik tombol add record.


Kamu juga sebenarnya bisa menambah record TXT melalui cPanel atau Plesk. Untuk Panduannya silahkan simak Cara Setting DNS.
Langkah 4: Verifikasi

Setelah selesai menambahkan code tersebut di TXT record, maka silahkan kembali ke halaman Google Search Console, lalu klik tombol verify/verifikasi.


Jika muncul jendela berwarna hijau dengan tulisan “Kepemilikan telah diverifikasi” maka menambahkan website ke GSC sudah berhasil. Contohnya seperti dibawah ini.

Cara Mendaftarkan Sitemap

Setelah memasang website Kamu ke Search Console, langkah selanjutnya yaitu mendaftarkan sitemap.xml. Caranya yaitu:

Masuk ke Menu Sitemap

Masuk ke menu sitemap di Search Console.
 
Tambahkan URL Sitemap

Lalu tambahkan URL sitemap website Kamu dan klik submit. URL sitemap bisa berbeda – beda. Umumnya sitemap website yaitu sitemap.xml namun jika Kamu menggunakan plugin Yoast dan RankMath URL nya yaitu sitemap_index.xml. Cek terlebih dahulu yaa apa URL sitemap website Kamu.

Mendaftarkan sitemap sudah selesai.

Kesimpulan
Nah itulah panduan cara menambahkan website ke Google Search Console atau Google Webmaster dengan mudah dan cepat.

Sumber:
blogs.masterweb.com